Home > Berita > Umum

Jajaran Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Bengkalis Diingatkan agar Hindari Penyalahgunaan Anggaran

Jajaran Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Bengkalis Diingatkan agar Hindari Penyalahgunaan Anggaran
Sabtu, 28 Januari 2023 08:26 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis menaja kegiatan Rapat Perencanaan Program dan Anggaran Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu bagi Bawaslu Kabupaten dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, Jumat (27/1/2023). Rapat yang diikuti para ketua, kepala sekretariat, bendahara, dan staf Panwaslu kecamatan tersebut dipusatkan di Hotel Marina Pantai, Bengkalis. Mewakili Kepala Sekretariat Bawaslu Riau Anderson, Staf Bidang Perencanaan Bawaslu Riau, Barito Grinca Pahala Silalahi dalam sambutannya berpesan kepada seluruh Sekretariat Panwaslu kecamatan di Kabupaten Bengkalis agar dapat mengelola keuangan serta melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan sesuai aturan yang berlaku.

Dalam pengelolaan anggaran keuangan (kegiatan) pada masing-masing Panwaslu kecamatan tersebut, Barito juga turut menegaskan agar para pimpinan Panwaslu kecamatan, para kepala sekretariat, dan seluruh jajaran sekretariat menghindari terjadinya penyalahgunaan anggaran, apalagi nantinya sampai berujung pada proses hukum.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bengkalis M Sarbini dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut juga menekankan pentingnya perencanaan terhadap program dan anggaran pengawasan di lingkungan jajaran Pengawas Pemilu, sehingga kegiatan yang dilaksanakan menjadi terarah, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan.

”Dalam kegiatan ini, nantinya turut akan diserahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2023 bagi Panwaslu kecamatan kepada masing-masing Sekretariat Panwaslu Kecamatan. Melalui DIPA yang diserahkan ini hendaknya kegiatan-kegiatan yang ada dapat dilaksanakan dan direalisasikan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku,” harap M Sarbini seraya meminta agar masing-masing jajaran pengawas Pemilu di tingkat kecamatan menghindari penyalahgunaan anggaran dalam penggunaannya.

”Yang lebih penting lagi bahwa anggaran yang dilaksanakan betul-betul dapat dipertanggungjawabkan,” tegas M Sarbini lagi.

Berkaitan dengan penggunaan anggaran keuangan di masing-masing Panwaslu Kecamatan ini, di bagian lain M Sarbini juga meminta agar para Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan dapat bersama-sama mengawasi realisasi penggunaan anggaran yang akan diserahkan tersebut.

Hal ini penting bagi mencegah adanya potensi penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran yang dilaksanakan bila tidak sesuai aturan dan peruntukannya. Dalam acara pembukaan rapat ini, selain dihadiri para peserta yang terdiri dari para ketua, kepala sekretariat, bendahara dan staf Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, juga dihadiri Bendahara Pembantu Pengeluaran Bawaslu Kabupaten Bengkalis Supriyadi, para staf PNS dan segenap jajaran Sekretariat Bawaslu Bengkalis lainnya. Kegiatan Rapat itu sendiri dijadwalkan akan berakhir pada 29 Januari mendatang. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww