Home > Berita > Umum

Sambangi Vihara Hok Ann Kiong, Kapolres Bengkalis Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Sambangi Vihara Hok Ann Kiong, Kapolres Bengkalis Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Dandim Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Waka Polres Kompol Anindita Rizal foto bersama jurnalis potretnews.com, di Vihara Hok Ann Kiong. (F-POTRETNEWS.com)

Minggu, 22 Januari 2023 22:48 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Suasana Imlek 2574 Penanggalan China bersamaan dengan tahun 2023 di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis terlihat begitu meriah pada Ahad 22 Januari 2023 malam. Warga Tionghoa terlihat melakukan ritual ibadah, sementara warga sekitar ikut memanfaatkan momen di sekitar lokasi vihara tertua di Kabupaten Bengkalis itu.
Dari pantauan lapangan, sejumlah masyarakat setempat terlihat datang ke vihara tersebut sekedar mengabadikan suasana. Mereka turut menikmati kemeriahan yang ada dengan berfoto bersama, karena lokasi itu penuh dengan hiasan lampion. Sehingga nuansa kerukunan pun dapat tergambar dengan jelas.

Hal ini juga yang dirasakan oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro SH SIK MH, yang ikut hadir di lokasi vihara. Menurut Kapolres, pihak kepolisian dan TNI datang melakukan peninjauan untuk memastikan kegiatan ibadah dan perayaan Imlek tahun 2023 berjalan dengan tertib, aman dan nyaman.

“Alhamdulillah, ketertiban, keamanan dan kenyamanan itu bisa tercipta. Masyarakat kita tidak hanya etnis Tionghoa yang merayakan Imlek, tetapi ternyata warga Bengkalis juga turut merayakan. Mereka turut hadir berfoto-foto bersama keluarga. Di sinilah kita bisa melihat kerukunan antar umat beragama dan antar etnis bisa terjalin dengan baik di Bengkalis. Itu yang kami jaga bersama antara Polri, TNI dan Forkompinda Kabupaten Bengkalis,” ungkap AKBP Setyo Bimo Anggoro kepada potretnews.com, Ahad 22 Januari 2023 malam.

Ditambahkan Kapolres, ada kegiatan-kegiatan yang sudah didatakan yang perlu pengamanan khusus nantinya, seperti kegiatan panggung hiburan, termasuk juga perayaan dengan menggunakan kembang api. “Tentunya kita akan menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi semua yang merayakan,” ucapnya.

Kapolres yang baru bertugas di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini memaparkan, personel gabungan dikerahkan dalam kegiatan pengamanan perayaan Imlek kali ini. Mereka terdiri dari personel Polres, Polsek, Kodim 0303/Bengkalis, dan Koramil 01/Bengkalis. Jumlahnya disesuaikan dengan kegiatan yang dilaksanakan.

“Pengamanan ini dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Bengkalis, semuanya punya kegiatan perayaan Imlek dan semuanya kita amankan,” ulas Kapolres AKBP Setyo Bimo didampingi Dandim Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Waka Polres Kompol Anindita Rizal SH SIK dan beberapa perwira dan personel TNI/Polri.

Terakhir, Kapolres Bengkalis dan jajaran mengucapkan selamat merayakan Imlek, khususnya kepada warga Tionghoa di Kabupaten Bengkalis Gong Xi Fa Chai. “Semoga tahun ini kita semakin sejahtera. Dan bagi warga Bengkalis yang lainnya silakan ikut bergabung dengan warga Tionghoa, kita wujudkan kerukunan antar etnis maupun antar agama di Kabupaten Bengkalis,” ajaknya.

Sementara itu, salah seorang warga yang ditemui di lokasi bernama, Cica Ariyanti, mengaku sengaja datang jauh-jauh dari rumahnya di Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, ke Vihara Hok Ann Kiong karena ingin ikut merasakan kemeriahan.

“Senang saja foto-foto di sini. Sudah tiga hari kami menginap di Bengkalis. Kami datang karena kami ingin ikut merasa kemeriahan. Selamat Imlek buat seluruh warga yang merayakannya, khususnya yang ada di Kabupaten Bengkalis,” kata Cica didampingi suami Agus dan anak semata wayangnya, Feby.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww