Home > Berita > Umum

Diresmikan Wabup Bagus, Musala Al-Mu'minin Bantan Naik Status Menjadi Masjid

Diresmikan Wabup Bagus, Musala Al-Muminin Bantan Naik Status Menjadi Masjid

Wabup Bengkalis H Bagus Santoso, Kapolres AKBP Setyo Bimo Anggoro, Kakan Kemenag H Khaidir, foto bersama dengan pengurus Masjid Al-Mu'minin, Jumat (20/01/2023). (F-JUNAIDI USMAN)

Jum'at, 20 Januari 2023 22:45 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Musala Al-Mu'minin yang terletak di Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, akhirnya berubah status menjadi masjid. Peresmiannya dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis H Bagus Santoso, Jumat 27 Jumadil Akhir 1444 Hijriyah atau bersamaan dengan 20 Januari 2023.
Peresmian yang dilakukan disambut rasa suka cita seluruh jemaah. Atas nikmat yang sangat besar ini, pengurus masjid bersama para jemaah menggelar syukuran yang diawali salat Jumat perdana dengan khatib, Drs H Khaidir, yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkalis.

Selain Wabup Bengkalis, turut hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro SH SIK MH yang baru beberapa dilantik beberapa waktu lalu. Terlihat juga Kasi Binmas Kemenag Bengkalis, Mansur SAg, KUA Drs H Nasuha, Kapolsek Bantan, Ketua MUI Kecamatan Bantan, Ketua Yayasan PMNH Bantan, Kadus se-Desa Bantan Tua, BPD, Ketua LAMR Desa Bantan Tua, Ketua LPMD, Ketua LPTQ, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pengurus Masjid Baiturrahman Bantan Tua dan Masjid Al Falah Senggoro.

H Khaidir dalam khotbahnya yang mengangkat judul khutbah “Masjid Itu Rumah Allah”, mengajak jemaah salat Jumat agar senantiasa mengimplementasikan rasa syukur. “Dari itu, selalu kita tanam, ingat, dan selalu berupaya membuktikan ketaatan kita hanyalah semata-mata kepada Allah, menuruti ajaran Rasulullah SAW dengan kalimah Lailahaillallah Muhammadarrasulullah,” ujarnya.

Setelah selesai salat Jumat berjemaah, acara peresmian pun dilakukan. Kades Bantan Tua, Dian Saputra, dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa dirinya atas nama Pemerintah Desa Bantan Tua dan mewakili pengurus masjid, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Bengkalis dan tamu undangan lain, atas kehadirannya dalam peresmian masjid ini.

“Kepada Bapak Wakil Bupati, kami juga mengucapkan terima kasih karena masjid ini mendapat bantuan dari Pemkab Bengkalis. Kami siap mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis,” ungkapnya.

Kakan Kemenag Bengkalis, H Khaidir, saat kata sambutannya menjelaskan kronologis terkait usulan perubahan status masjid ini. Menurut H Khaidir hal ini bermula setelah Kasi Binmas menemui dirinya menyampaikan usulan perubahan status Musala Al-Mu'minin menjadi masjid. “Setelah semua persyaratan lengkap, maka dalam tempo singkat kami pun menandatangani surat yang dinanti jemaah Masjid Al-Mu'minin ini,” tuturnya.

Sementara itu, Wabup Bengkalis H Bagus Santoso pula dalam sambutannya mengajak jemaah untuk mengisi masjid ini dengan kegiatan yang bernuansa keagamaan, seperti salat, zikir, dan kegiatan membaca Alquran. “Kalau bisa 24 jam, seperti masjid di Jawa,” katanya.

Bagus juga mengibaratkan, sejatinya membangun masjid itu seperti membangun rumah tangga, dimana di dalamnya harus dijaga kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan ibadah lima waktu. Ia juga mengharapkan ketua dan pengurus masjid yang baru hendaknya dapat mengorbankan waktu, tenaga serta pikirannya untuk kemakmuran masjid ini. “Dan kepada seluruh jemaah serta masyarakat, mari bersama-sama kita sukseskan setiap program yang akan, sedang dan telah dirancang oleh pengurus Masjid Al Mu’minin,” katanya.

Di sisi lain, rasa bangga dan bahagia dirasakan oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro SH SIK MH. Ia mengungkapkan salat Jumat kali ini merupakan yang perdana dilakukannya di Bengkalis. Apalagi itu dilakukan di Masjid Al-Mu’minin yang terletak di RT V RW VIII Dusun Taman Sari ini.

“Saya rasa saya yang paling mendapatkan berkah, karena ini adalah pembukaan masjid yang baru dan pertama kali salat Jumat di Bengkalis,” ucap AKBP Setyo Bimo.

Kapolres juga berharap, kedepan dirinya dapat dibantu oleh seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan tugasnya di Negeri Junjungan. “Kami mohon dibantu dalam menjalankan tugas kami sebagai pelayan masyarakat,” harapnya.

Peningkatan status masjid ini juga disambut baik oleh masyarakat dan perangkat pemerintahan lainnya. Camat Bantan Muthu Saily salah satunya. Ia tak bisa menyembunyikan kegembiraan usai diresmikannya Masjid Al Mu’minin. Muthu pun berharap peningkatan status ini diiringi juga dengan peningkatan jumlah jemaah, khususnya saat salat lima waktu, dan peningkatan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya seperti majelis taklim, MTQ dan lain-lain.

“Masyarakat cukup antusias dengan adanya peningkatan status masjid ini. Kepada pengurus masjid kami harapkan mungkin kegiatan-kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan bisa melibatkan remaja-remaja masjid, sehingga remaja-remaja masjid yang tinggal di sekitaran masjid ini dapat terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk yang sering terjadi di luar sana,” ucap Camat Bantan ini kepada potretnews.com, Jumat (20/01/2023).

Hal senada juga disampaikan Avri Mirza, selaku Ketua Pengurus Masjid. Mewakili seluruh jemaah, ia mengucapkan syukur karena dapat terlaksananya momen yang sangat bersejarah itu, yakni peresmian Masjid Al-Mu'minin sekaligus salat Jumat perdana. “Mudah-mudahan ini semua mendatangkan berkah bagi kami para jemaah dan masyarakat setempat,” harap Avri Mirza. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww