Home > Berita > Umum

Tiga SMK Negeri di Bengkalis Bisa Jadi Pilihan, Berbagai Program Keahlian Ditawarkan

Tiga SMK Negeri di Bengkalis Bisa Jadi Pilihan, Berbagai Program Keahlian Ditawarkan

Kepala SMKN 3 Bengkalis H Kusno didampingi Asman tengah melihat 4 siswa jurusan TBSM yang banyak diminati calon siswa tengah mengikuti program bimbingan UKK. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Senin, 05 Desember 2022 14:49 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Tiga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di sekitar Kota Bengkalis ternyata bisa jadi pilihan yang tepat bagi siswa tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Sejumlah program keahlian ditawarkan kepada mereka yang ingin mendapatkan skill saat di tingkatan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. 

Memang, akhir Tahun Ajaran 2022/2023 masih kurang setengah tahun lagi. Namun demikian, seiring dengan berjalannya waktu, para lulusan SMP maupun MTs kadang masih bingung memutuskan kemana mereka akan melanjutkan sekolah saat lulus nanti. Sebagai bahan referensi, khususnya bagi orangtua siswa yang saat ini duduk di bangku kelas IX SLTP yang berdomisili di Bengkalis, berikut kami sajikan profil singkat SMK Negeri yang bisa menjadi pilihan:

Pertama, SMKN 3 Bengkalis. Sekolah yang beralamat di Jalan Masjid, Desa Kelapapati, saat ini memiliki 3 program keahlian. Program tersebut diantaranya Teknik Konstruksi dan Properti dengan kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), atau kalau dahulu disebut Teknik Sipil. Lalu, program keahlian Teknik Otomotif dengan kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan program keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Di sekolah yang dipimpin oleh H Kusno ini, guru tenaga pendidik dan kependidikannya pada tahun ajaran 2022/2023 ini sebanyak 37 orang. Mereka mendidik 398 siswa yang dibagi ke dalam 12 rombongan belajar (rombel).

Siswa terbanyak pada program keahlian TKJ dengan 6 rombel, 3 rombel DPIB dan 3 rombel TBSM, yang selalu tidak mampu menampung calon siswa yang berminat sebagai mekanik ini.

Alumni SMKN 3 Bengkalis banyak yang melanjutkan pendidikan, namun ada pula langsung bekerja di bengkel untuk mendapatkan gaji. Selain itu, ada yang bekerja di perusahaan lain maupun membuka lapangan kerja sendiri dengan membuka bengkel.

Selanjutnya, ada SMKN 2 Bengkalis yang beralamat di Jalan Assalam, Kelapapati Darat. Di sekolah ini terdapat 4 program keahlian, yaitu kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akutansi Keuangan Lembaga (AKL), program keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Jumlah guru, tenaga pendidik dan kependidikannya berjumlah 44 orang. Mereka mengajar 172 orang siswa yang dibagi ke dalam 12 rombel. Mayoritas alumni di sekolah yang sekarang dipimpin oleh Jefri ini melanjutkan pendidikannya.

Kemudian, ada SMKN 1 Bengkalis yang beralamat di Jalan Pramuka. Sekolah ini pula memiliki 5 program keahlian, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Teknik Pengelasan, Agri Bisnis Perikanan Air Tawar (APAT) serta satu program keahlian baru yaitu Desain Komunikasi Visual (DKP).

Jumlah guru, tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah yang dipimpin oleh Joko Sarwotho sebanyak 57 orang. Sementara jumlah siswa 535 orang dibagi ke dalam 18 rombel. Alumni dari SMKN 1 Bengkalis lebih banyak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik yang ada di Pulau Bengkalis maupun lainnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww