Home > Berita > Umum

Pendangkalan Sungai dan Curah Hujan Tinggi Picu Banjir di Desa Suhada Inhil

Pendangkalan Sungai dan Curah Hujan Tinggi Picu Banjir di Desa Suhada Inhil
Jum'at, 18 November 2022 11:40 WIB
Muhammad Yusuf

SUHADA, POTRETNEWS.com — Desa Suhada dan beberapa dusun di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau mengalami banjir beberapa waktu belakangan ini, dipicu tingginya curah hujan dan pendangkalan sungai utama di desa tersebut.

Menurut tokoh masyarakat Desa Suhada, Ahim, perlu ada normalisasi sungai untuk mencegah kembali terjadi banjir seperti sekarang ini. Sayangnya meski sudah beberapa kali diusulkan, ternyata hingga sekarang belum juga tetealisasi.

”Tahun 2021 yang lalu, orang dari Dinas PUPR Inhil sudah melakukan survei ke lapangan. Kita tidak tahu juga, kenapa sampai ahir 2022, tealisasinya tidak jelas seperti ini," ujarnya kepada media, Jumat (18/11/2022).

Untuk itu dirinya berharap Pemkab Inhil dalam hal Dinas PUPR Inhil untuk merealisasi janji melakukan normalisasi sungai Desa Suhada. Apalagi sungai utama Desa Suhada tidaklah terlalu panjang, hanya kira-kira 7 km, supaya ke depan musibah banjir tidak kembali terjadi.

”Fenomena alam sepertinya tinggi curah hujan, memang ikut memberikan andil. Tapi kalau normalisasi sungai dilakukan, tentu musibah dan dampak yang ditimbulkan tidak sejarah seperti sekarang ini,” jelasnya. ***

Kategori : Umum, Inhil
wwwwww