Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-23 Kabupaten Pelalawan Berlangsung Khidmat

Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-23 Kabupaten Pelalawan Berlangsung Khidmat
Jum'at, 11 November 2022 11:06 WIB
Parlementaria DPRD Kabupaten Pelalawan
PELALAWAN, POTRETNEWS.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau menggelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-23 Kabupaten Pelalawan di Gedung DPRF Pelalawan, Rabu (12/10/2022). Suasananya berlangsung khidmat.
Sidang yang dipimpin langsung Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin SH MH didampingi Wakil Ketua Syafrizal SE dan Wakil Ketua II Faisal SE MSi. Para pimpinan DPRD Pelalawan ini memaparkan perjalanan Kabupaten Pelalawan sejak dimekarkan dari kabupaten induk atau Kabupaten Kampar pada 12 Oktober 1999 atau 23 tahun lalu.

Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin SH MH mengatakan bahwa, dalam usia Kabupaten Pelalawan ke-23 tahun ini, telah banyak kemajuan pembangunan. Keberhasilan tersebut bukan semata-mata peran aparatur pemerintah saja, melainkan secara partisipasi dan dukungan pihak legislatif (DPRD, red) berserta seluruh elemen masyarakat di wilayah ini. Tidaklah berlebihan jika dikatakan sampai saat ini Pemkab Pelalawan dapat mengejar ketinggalan sehingga mampu sejajar dengan kabupaten lain yang lebih dahulu maju.

”Kami berharap keharmonisan dan kerja sama ini dapat terjalin dan terus terbina dengan baik. Jadi, mari kita bersama-sama bertekad dari hati kecil, untuk dapat memberikan apa yang terbaik bagi kehidupan masyarakat serta kelangsungan pembangunan Kabupaten Pelalawan yakni mewujudkan Pelalawan Maju,” terangnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23112022/potretnewscom_wkhht_2489.jpg

Untuk itu, sambung mantan Ketua Fraksi Golkar ini, di usia Kabupaten Pelalawan ke-23 tahun ini, pihaknya mengajak momentum ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk mengisi setiap detik perjuangan daerah ini dengan karya yang nyata dan prestasi yang membanggakan lalu. Dan dibingkai dengan inovasi-inovasi yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan agar masa depan yang lebih baik dan bermakna.

”Begitu juga dengan generasi penerus, kita mengajak jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa yang penuh makna dan hikmah. Apalagi setiap tahunnya Pelalawan merayakan hari jadi kabupaten Pelalawan sebagaimana sudah ditetapkan dalam peraturan daerah 02 tahun 2003," beber dia.
Intinya, sambung Baharudin, peringatan hari jadi Kabupaten Pelalawan ini, banyak yang bisa diambil strategi dan hikmah dan harus dijadikan sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi, intropeksi dan edukasi tentang apa yang sudah dilakukan memberikan kontribusi dalam memeberikan warna dalam perjalanan sejarah Kabupaten Pelalawan.

Ditambahkannya bahwa, pesatnya perkembangan kabupaten Pelalawan yang semakin maju, ditambah dengan perkembangan di pedesaan dan perkotaan dengan ditandai dengan adanya pembangunan infrastruktur. Namun demikian, itu bukanlah barometer utama dalam menentukan tingkat kemajuan daerah. Dan hal ini harus di imbangi dengan kemajuan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa. Serta mampu mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

”Jadi, kemajuan teknologi harus dibarengi dengan imtaq dan imtek tersebut. Karena dengan bekal imtak dan imtek diharapkan keberadaan Kabupaten Pelalawan akan semakin baik dan maju sebagaimana visi pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Pelalawan tahun 2005-2025. Yakni terwujudnya Pelalawan yang sejahtera, mandiri, inovatif, dan berdaya saing global secara berkelanjutan, berpartisipasi dan beradat, beriman, bertaqwa dengan mengembangkan budaya melayu tahun 2025. Kemudian di implementasikan dalam visi rencana pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Pelalawan tahun 2021-2026 yaitu Pelalawan maju 2026,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan H Zukri mengatakan bahwa,bahwa, Tema pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2022 yaitu ”Peningkatan Perekonomian Melalui Pengembangan Pusat Industri dan Pariwisata Menuju Pelalawan Maju”. Karena itu sempena Hari Jadi ke-23 Kabupaten Pelalawan tahun 2022 ini diberi slogan ”Ekonomi Bangkit, Pelalawan Maju”.

Slogan ini dimaksudkan bahwa tahun 2022 menjadi momentum kebangkitan ekonomi di Kabupaten Pelalawan setelah selama dua tahun dalam situasi pandemi Covid-19 sangat membuat masyarakat berada dalam kesulitan dan keterbatasan.

”Untuk itu di harapkan agar seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Pelalawan secara bahu-membahu, satu kepentingan, satu semangat dan satu tujuan yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Pelalawan yang sejahtera bermartabat dan unggul,” sebutnya.

Dikatakan Zukri bahwa, dalam satu tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah meraih berbagai kemajuan dan capaian prestasi. Antara lain; terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pelalawan yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Di antaranya; laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pelalawan saat ini adalah sebesar 4,07%. Jumlah ini meningkat sangat baik dari tahun sebelumnya yakni 2,24%, dan kondisi ini lebih baik dari rata rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau sebesar 3,36 %.

Kemudian, kata Zukri lagi, investasi di Kabupaten Pelalawan merupakan Investasi tertinggi di Provinsi Riau mencapai 14,3 triliun pada tahun 2021. Kemudian, tingkat Pengangguran Terbuka penduduk Kabupaten Pelalawan saat ini sebesar 2,34 % menurun jauh dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 5,99 % dan juga berada jauh di bawah rata-rata tingkat pengganguran terbuka Provinsi Riau yakni 4,42 %".

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pelalawan meningkat dari angka 71,56 menjadi 72,08 dan masuk kategori tinggi di Provinsi Riau. Tingginya IPM Kabupaten Pelalawan didukung oleh peningkatan pelayanan bidang Kesehatan dan bidang Pendidikan serta peningkatan pengeluaran perkapita penduduk. Peningkatan usia harapan hidup dari 71,16 tahun menjadi 71,24 tahun, rata-rata lama sekolah naik dari 8.50 tahun menjadi 8,70 tahun saat ini.

Angka harapan lama sekolah dari angka 12,24 tahun naik menjadi 12,41 tahun pada saat ini dan pengeluaran per kapita riil penduduk Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan dari Rp11,606 juta tahun ini menjadi Rp11,672 Juta pada saat ini.

”Untuk bidang pendidikan, pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat berkomitmen untuk meningkatkan SDM masayarakat Kabupaten Pelalawan dan memastikan bahwa seluruh masyarakat harus mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pendidikannya, dengan memberikan bantuan Pendidikan dan bagi yang berprestasi kita akan berikan beasiswa mulai dari jenjang pendidikan diploma, sarjana, magister, dan doktoral, termasuk bagi S-1 kedokteran bahkan sampai dokter spesialis. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi masyarakat, terutama anak-anak dari masyarakat miskin dan anak yatim tidak sekolah dikarenakan kekurangan biaya,” bebernya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/23112022/potretnewscom_aqfhg_2490.jpg

Pada bidang kesehatan, ungkap Zukri, Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan seperti meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui peningkatan sarana dan prasarana, kebutuhan tenaga medis dan melakukan kunjugan secara berkala kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu, lansia dan sebagainya.

Pada saat ini capaian Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95,69 Persen artinya Kabupaten Pelalawan menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang pertama memperoleh predikat Jaminan Kesehatan Semesta (UHC) yang akan diserahkan pada saat penutupan Helat Pelalawan pada malam nanti dari Direksi BPJS Pusat dan piagam penghargaan dari Gubernur Riau atas pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta (UHC) ini. ”Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga memperoleh penghargaan di bidang kesehatan berupa Sertifikat Eliminasi Malaria tahun 2022 dari Menteri Kesehatan," sebutnya.

Pembangunan infrastruktur, sambung Zukri, juga semakin lebih baik dengan keberhasilan mewujudkan pembangunan berbagai ruas jalan, jembatan, dermaga, prasarana air minum dan prasarana listrik desa. Pembangunan prasarana jalan telah berhasil memberikan dampak yang signifikan terhadap kelancaran arus orang dan barang, dan melakukan kerja sama pembangunan beberapa ruas jalan dengan beberapa perusahaan swasta di Kabupaten Pelalawan melalui program CSR seperti pembangunan ruas jalan simpang lampu merah dan jalan koridor dengan PT RAPP, pembangunan ruas jalan Ukui Kerumutan dengan PT PHE Kampar, PT Sari Lembah Subur, dan PT Gandaerah Hendana, pembangunan ruas jalan Betung-Sorek dengan PT Arara Abadi serta pembangunan tugu bono dengan PT EMP Bentu Limited. Insya Allah seluruh kerja sama pembangunan ini sudah dimulai pada tahun 2022 ini.

”Untuk itu, melalui momentum HUT Pelalawan ini, kita berharap perusahaan dapat meningkatkan partisipasinya untuk ikut menjalankan komitmennya dalam membangun Kabupaten Pelalawan melalui program CSR. Sehingga Kabupaten Pelalawan ini dapat menjadi salah satu daerah maju di tingkat nasional sesuai dengan visi misi Pelalawan Maju,” pungkasnya. (Parlementaria)

wwwwww