Resmikan Festival Mandi Safar di Rupat Utara, Wujud Komitmen Bupati Bengkalis Kasmari Lestarikan Budaya Lama Masyarakat Melayu di Pulau Terluar

Rabu, 21 September 2022 20:27 WIB
Galeri Foto Pemkab Bengkalis
resmikan-festival-mandi-safar-di-rupat-utara-wujud-komitmen-bupati-bengkalis-kasmari-lestarikanBupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati H Bagus Santoso serta Dandim 0303/ Bkls Letkol Inf Endik Yunia mengucurkan air ke tubuh anak-anak peserta Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

RUPAT UTARA, POTRETNEWS.com — Dalam rangkaian kegiatan Budaya Mandi Safar, Bupati Kasmarni didampingi Wakil Bupati H Bagus Santoso menepuktepungtawari sekaligus memandikan anak-anak di sumur tua Pantai TanjungLapin Desa Tanjungpunak, Rabu (21/09/2022).

Seremonial tersebut sebagai wujud doa restu, sekaligus mengharapkan rida dan berkah dari Allah SWT, agar masyarakat Kecamatan Rupat Utara khususnya, senantiasa dilindungi dari segala macam bahaya dan musibah. Dalam event budaya Mandi Safar ini, juga disertai dengan berbagai event perlombaan permainan tradisional masyarakat sejak dari tanggal 8 sampai 27 September 2022, dipusatkan di sekitar lokasi acara Mandi Safar.

Selain permainan jung dan layang-layang, juga diselenggarakan permainan tradisonal gasing dan congkak. Kemudian pertandingan Sepak Bola Legend U-40, Lomba Tari Zapin Kreasi, Lomba Joget Twist, Fashon Show Pengantin Melayu, Bujang Dara, Lomba Pantun Tradisi Hantaran Belanja, Lomba Cipta Menu Olahan Pangan Lokal dan Lomba Speed Pancong. Selain itu juga telah dilaksanakan Tari Zapin Api, sementara sajian aneka ragam produk UMKM dan kerajinan tangan dari stand bazar masing-masing desa di Kecamatan Rupat Utara juga turut dipamerkan.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan keinginan serta komitmen kuat untuk terus melestarikan budaya lama masyarakat Melayu yang ada di pulau terluar sebagai warisan zaman berzaman. Kasmarni berharap kegiatan ini dapat menjadi wahana menumbuhkan semangat serta motivasi terutama bagi generasi muda, dalam upaya menggali, melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat.

”Langkah seperti ini, tentunya harus kita lakukan, agar nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, tidak luntur dan sirna, bak kata pepatah ’tak lekang terkena panas dan tak luntur terkena hujan’ oleh pengaruh budaya luar yang negatif, yang menyebabkan kita dapat kehilangan jati diri," ucap Kasmarni.

Menurut bupati, selain bertujuan melestarikan serta memberi edukasi kepada masyarakat akan makna budaya Mandi Safar, pihaknya juga berharap, event ini menjadi bagian dari promosi usaha, mendukung peningkatan ekonomi masyarakat lokal, serta mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Rupat Utara agar lebih mendunia dan dapat bersaing dalam percaturan industri pariwisata global.

Tak tanggung-tanggung, di hadapan ratusan masyarakat, Kasmarni memberikan kabar gembira mengenai pembangunan infrastruktur di Pulau Wisata, mengenai pembangunan dermaga Ro-Ro dan Pembangunan Rumah Sakit Pratama tahun 2023 mendatang.

”Pemerintah daerah tidak pernah berdiam diri, infrastruktur maupun sarana pendukung industri kepariwisataan di Kecamatan Rupat Utara ini, secara bertahap setiap tahunnya terus kita benahi," kata Bupati sapaan Bukkas tersebut.

”Bahkan, sewaktu kegiatan Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing (Kuantan Singingi, red) secara langsung, saya telah menemui dan menyampaikan segala potensi, permasalahan serta harapan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bapak Sandiaga Uno. Alhamdulillah, telah mendapatkan respon positif dari beliau. Bahkan, Bapak Menteri juga berjanji di hadapan Bapak Gubernur Riau waktu itu, menunggu momen yang tepat tentunya, beliau akan hadir secara langsung guna melihat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Pulau terluar ini," beber Kanjeng Mas Tumenggung Purbaningtyas tersebut.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti sumur Mandi Safar oleh Bupati Bengkalis Kasmarni yang turut didampingi dan disaksikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, Datuk Norizam Pemilik PSPS Riau dari Johor, Malaysia, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303/ Bkls Inf Endik Yunia, Wakil Ketua DPRD Bengkalis Syahrial, Ketua TP-PKK Bengkalis Hj Siti Aisyah, Camat Rupat Utara Afrizal serta para pejabat di lingkup Kabupaten Bengkalis. (Galeri Foto Pemkab Bengkalis)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_9at2e_2463.jpgBupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso saat memberikan sambutan acara Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_w3ybr_2464.jpgBupati Bengkalis dan rombongan melambaikan tangan, menyapa hadirin acara Mandi Safar, Rabu (21/09/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_muqvs_2465.jpgBupati Bengkalis Kasmarni menandatangani prasasti sumur Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_xklcf_2466.jpgWakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso menabur beras kunyit, bertih kepada anak-anak peserta Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_a8plj_2467.jpgDandim 0303/ Bkls Inf Endik Yunia dan Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko menyiram air ke tubuh anak-anak peserta Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_l8e2w_2468.jpgBupati Bengkalis Kasmarni dan rombongan tiba di lokasi Mandi Safar disambut silat, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_ykfds_2469.jpgBupati Bengkalis Kasmarni menepuk Tepung Tawari anak-anak peserta Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_4qlee_2470.jpgBupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati H Bagus Santoso serta undangan lainnya saat berada di tenda acara Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22092022/potretnewscom_vjbar_2471.jpgBupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati H Bagus Santoso serta forkopimda foto bersama di acara Mandi Safar, Rabu (21/9/2022). (F-PEMKAB BENGKALIS)


wwwwww