Home > Berita > Umum

Masjid Taqwa di Tapanuli Utara Ini Berdiri di Tengah 99 Persen Warga Nonmuslim

Masjid Taqwa di Tapanuli Utara Ini Berdiri di Tengah 99 Persen Warga Nonmuslim

Foto: Masjid Taqwa Siborong-Borong (F-DETIKcom).

Selasa, 20 September 2022 08:18 WIB

TAPUT, POTRETNEWS.com — Sebuah unggahan yang menyebut adanya masjid di Kecamatan Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara berdiri di tengah masyarakat yang 99 persen beragama nonmuslim, viral di media sosial. Bagaimana faktanya?

Soal masjid itu salah satunya diunggah akun Twitter @ruhutsitompul seperti dilihat, Minggu (18/9/2022). Dalam unggahan itu, ada sebuah tangkapan layar berita yang menyebut masjid itu berdiri di tengah masyarakat kristen dan tidak pernah ditanya izin mendirikan bangunannya.

"Masjid ini berdiri tegak di Siborong-Borong di tengah penduduknya 99 persen kristen dan tanpa pernah ditanya IMB-nya," demikian tertulis dalam unggahan tersebut.

Dari informasi yang diterima detikSumut, masjid yang dimaksud itu adalah Masjid Taqwa Siborong-Borong. Masjid itu berada di Jalan SM Raja, Kecamatan Siborong-Borong, Tapanuli Utara.

Terkait penduduk di sekitar masjid yang mayoritas nonmuslim, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan membenarkan hal tersebut. Nikson mengatakan masjid itu berada di tengah 95 persen masyarakat nonmuslim.

"Kurang lebih 95 persen (penduduk nonmuslim)," kata Nikson kepada wartawan.

Nikson mengatakan di setiap kecamatan di Tapanuli Utara memiliki masjid. Namun, di Kecamatan Siborong-Borong hanya ada satu masjid yaitu Masjid Taqwa ini.

"Iya betul (masjid satu-satunya di Tapanuli Utara). Di Bandara Silangit, Siborong-Borong ada satu musala," sebut Nikson, seperti dilansir detikcom.

Ketika ditanyai soal IMB dari masjid tersebut, Nikson tidak memberikan penjelasan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww