Home > Berita > Umum

Selesai Upacara HUT ke-77 RI, Pemdes Pangkalanbatang Barat di Bengkalis Ziarahi Makam Mhd Toha Pemilik ”Tanah Besar” yang Dermawan

Selesai Upacara HUT ke-77 RI, Pemdes Pangkalanbatang Barat di Bengkalis Ziarahi Makam Mhd Toha Pemilik ”Tanah Besar” yang Dermawan

Suasana Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI tahun 2022 Desa Pangkalanbatang Barat (bawah). Kades Azmi Yulfikar melakukan Tabur Bunga di makam almarhum H Mhd Toha (atas), Rabu (17/8/2022).

Rabu, 17 Agustus 2022 23:33 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Setelah selesainya pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkalanbatang Barat Kabupaten Bengkalis, Riau, melakukan ziarah makam H Mhd Toha, Rabu (17/8/2022).

Turut bersama Kades Azmi Yulfikar, perangkat desa dan BPD dalam ziarah sebagai wujud ungkapan terima kasih kepada H Mhd Toha pemilik "Tanah Besar" yang telah mewakafkan tanahnya bagi kepentingan desa ini para pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Desa Pangkalanbatang Barat.

Selaku keturunan maupun masyarakat daripada H Mhd Toha perlu merasa bersyukur karena adanya tokoh yang akrab dipanggil Aki Toho ini.

"Ziarah ini kan hal yang positif bagi masyarakat kita bahwasanya kita tidak boleh jauh daripada adat istiadat yang biasanya hanya dilakukan ketika memasuki bulan Ramadhan. Alhamdulillah, berkat tokoh-tokoh inilah diantaranya H Mhd Toha kita bisa ada di sini, kita bisa membangun di sini dan mungkin ini juga niat daripada tokoh-tokoh tadi. Almarhum H Mhd Toha telah memplot (mewakafk tanahnya,red) ada untuk pendidikan, untuk agama dan segala macamnya untuk pemerintahan," kata Ketua DPH LAMR Desa Pangkalan Batang Barat, Suhaimi SH kepada potretnews.com, Rabu (17/08/2022).

"Kita selaku anak cucu beliau sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada almarhum H Mhd Toha beserta seluruh keturunannya yang masih hidup termasuk kita semua yang ada di sini. Kami melalui LAMR Desa Pangkalan Batang Barat sekali lagi mengucapkan ribuan terima kasih yang sebesar-besarnya. Kami hanya bisa mengirimkan Al Fatiha buat beliau yang tidak bisa kita ungkapkan betapa besarnya jasa beliau untuk pembangunan desa ini," ungkap Suhaimi.

Hendaknya para generasi muda, Suhaimi berpesan, "Agar jangan lupa dengan sejarah Aki Toho yang sudah memploting dengan mewakafkan tanahnya sebagaimana yang saya katakan di atas tadi. Kita selaku cucu cicit yang ada sekarang ini, jagalah peninggalan beliau dengan sebaik-baiknya. Beliau tidak meminta apa-apa dari kita hanya do'a saja dan semoge apa yang telah mereka lakukan puluhan tahun silam mendapat hidayah dari Allah SWT," ajak Suhaimi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww