Ahmad Doli Kurnia Masuk 3 Besar Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler

Ahmad Doli Kurnia Masuk 3 Besar Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler
Kamis, 04 Agustus 2022 08:18 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Juli 2022. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Ace Hasan Syadzily. Ace Hasan merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dengan ruang lingkup tugas di bidang agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Ace Hasan pada periode Juli 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 373 pemberitaan. Berita mengenai Ace Hasan didominasi mengenai argumennya mengenai tuduhan Fahri Hamzah terhadap KIB. Lalu pendapat Ace Hasan mengenai kasus penimbunan beras bansos yang dipendam dalam tanah di kawasan Depok oleh JNE.

Kegiatan Ace Hasan sebagai Ketua Partai Golkar Jawa Barat juga menjadi pemberitaan yang cukup masih diliput oleh berbagai media. Gelaran Dikpol 2022 yang diselenggarakan DPD I Partai Golkar Jawa Barat dan pemberitaan lainnya. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Ace Hasan adalah sebesar 3.791.121.

Posisi kedua ada nama Dedi Mulyadi, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Komisi IV DPR adalah komisi yang membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, dan kelautan. Sosok Dedi Mulyadi sudah sangat akrab di telinga publik.

Selain sebagai anggota DPR RI, sebelumnya Dedi Mulyadi dikenal sebagai Bupati Purwakarta 2 periode dan seorang youtuber. Untuk periode bulan Juli 2022, Dedi Mulyadi memiliki 294 pemberitaan. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah sebesar 6.233.950.

Meski jumlah pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi kalah dari Ace Hasan, tapi jangkauan atau reach yang dicapai adalah yang terbesar di antara anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar lainnya yang masuk dalam daftar ini.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi adalah terkait dengan aksinya menghentikan pertambangan batu di Garut karena disinyalir merusak lingkungan, lalu berita mengenai, tiga murid SD yang ditahan Dedi Mulyadi setelah selfie dengan dirinya, kemudian pro kontra mengenai postingan Dedi Mulyadi tentang pembagian daging kurban sehari sebelum Idul Adha.

Pemberitaan mengenai Dedi Mulyadi bersumber dari materi sekunder, media kebanyakan mengambil kutipan dan pemberitaan tentangnya melalui platform media sosial miliknya.

Urutan ketiga ada nama Ahmad Doli Kurnia Ketua Komisi II DPR RI dengan lingkup tugas dalam negeri, sekretariat negara dan Pemilu. Pemberitaan mengenai Doli Kurnia cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi II DPR RI. Doli Kurnia memiliki pemberitaan sebanyak 292 pemberitaan. Jangkauan yang dicapai dari berita Doli Kurnia adalah sebesar 1.839.958.

Berita mengenai Doli Kurnia didominasi oleh komentarnya mengenai seragam baru kementerian mitra kerja Komisi II DPR, Kementerian ATR/BPN, lalu ada juga berita mengenai sosialisasi program strategis nasional di Sumatera Utara, kemudian berita mengenai Rapimnas KAHMI.

Posisi keempat ada nama Adies Kadir, ia merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR, komisi yang membidangi hukum, keamanan dan HAM. Adies Kadir memiliki pemberitaan sebanyak 244 berita. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Adies Kadir adalah sebesar 2.530.440.

Selanjutnya urutan kelima adalah srikandi Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian. Hetifah merupakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI dengan lingkup tugas di bidang pendidikan, olahraga, dan sejarah. Hetifah memiliki 211 pemberitaan sepanjang Juli 2022. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Hetifah adalah sebanyak 4.539.712.

Keenam ada anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari timur Indonesia, Melkiades Laka Lena atau Melki Laka Lena. Melki merupakan anggota DPR RI dari Dapil NTT, ia kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan. Berita mengenai Melki Laka Lena berjumlah 206 pemberitaan dan reachnya mencapai 2.463.831.

Posisi ketujuh adalah Puteri Komarudin, ia duduk di Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perbankan, dan perencanaan pembangunan nasional. Puteri Komarudin memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 198 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 1.984.176.

Nurul Arifin berada di posisi kedelpan sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan. Nurul Arifin merupakan anggota Komisi I DPR RI. Meski begitu, latar belakangnya sebagai mantan pesohor membuatnya masih cukup lekat dengan media pemberitaan.

Untuk periode bulan Juli 2022, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 186 berita. Reach yang dicapai berdasarkan pemberitaan mengenai Nurul Arifin adalah sebesar 1.863.520.

Posisi sembilan ada nama Christina Aryani, sama dengan Nurul Arifin, Christina Aryani juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Pemberitaan yang menyangkut nama Christina Aryani adalah sebanyak 180 berita dengan jangkauan mencapai 1.839.958.

Posisi terakhir atau kesepuluh diisi oleh nama Dave Laksono, yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI. Dave Laksono memiliki pemberitaan sebanyak 168 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 2.339.589.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Politik
wwwwww