Home > Berita > Umum

Cerita Menarik Helat MTQ ke-7 Pangkalanbatang Barat yang Berakhir dengan Sukses

Cerita Menarik Helat MTQ ke-7 Pangkalanbatang Barat yang Berakhir dengan Sukses

Kades Azmi Yulfikar, Anggota DPRD H Arianto dan lainnya meneka tombol tanda ditutupnya MTQ Ke-7 Tingkat Desa Pangkalanbatang Barat, Selasa (02/08/2022).

Rabu, 03 Agustus 2022 16:45 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS POTRETNEWS.com — Tepat pukul 23.53 WIB, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-7 tingkat Desa Pangkalan Batang Barat resmi ditutup Kepala Desa (Kades) Azmi Yulfikar, Selasa, 2 Agustus 2022.

Banyak hal unik dan menarik dalam pelaksanaan MTQ Ke-7 ini. Mulai dengan rencana awalnya panitia hanya melaksanakan Seleksi Tilawah Quran (STQ) dengan pagu anggaran 35 jutaan rupiah. Setelah bertanya ke pihak Kecamatan Bengkalis, maka jadilah helat MTQ dengan 7 cabang lomba dan diikuti lebih 70an peserta.

Hal unik berikutnya adalah lebih 100an paket door prize diterima panitia dari para donatur untuk dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada malam selama MTQ Ke-7 berlangsung. Malam penutupan, lebih 70an door prize menumpuk di sisi kiri astaka MTQ ini.

Selanjutnya, acara penutupan juga dirangkai dengan pemberian uang pembinaan dan piagam penghargaan kepada 5 remaja berprestasi tingkat Provinsi Riau dari desa ini.

Tak kalah menarik, mengawali acara penampilan Rebana para ibu-ibu desa ini membawakan 3 lagu religi sangat enak dinikmati saat kala berada di panggung astaka sederhana tapi indah tertata.

Begitu pula, 3 petugas penurunan bendera MTQ terlihat melangkah serentak maju serentak beriringan dengan Mars MTQ dari pelajar MTs Annahdatud Diniyah.

Atas ini semua, Kades Azmi Yulfikar mengatakan, "Kami dari Pemerintah Desa membeghikan apresiasi kepade panitia khususnye pemuda Dusun Kampung Paghit Desa Pangkalan Batang Barat, masyarakat dan semue pihak yang terlibat," ucap Kades Azmi Yulfikar.

Kades Azmi mengungkapkan pada 9 Agustus 2022 nanti, Insya Allah Pemdes akan menggelar Turnamen Semi Open yang diikuti 2 kecamatan, Bengkalis dan Kecamatan Bantan. Kemudian, pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2022, panitia HUT RI menerima hadiah dari para donatur.

"Dibungkus, anto ke desa, kami meneghime dengan senang hati. Teghime kasih kepade semue yang terlibat, kedue kami juge mengucapkan teghime kasih kepade dewan juri, kite anggarkan nanti pelatihan dewan juri. Kepade pare donatur kami sampaikan teghime kasih. Semoga menjadi amal yang baik dan diteghime Allah SWT,"

Sebelumnya, Ketua Panitia Rusli dalam laporannya mengatakan MTQ Ke-7 dilaksanakan selama 4 malam, dimulai Sabtu 30 Juli malam sampai 2 Agustus 2022 dengan 7 cabang lomba, yaitu:1. Cabang Tartil, 2. Cabang Tilawah Anak-Anak, 3. Cabang Tilawah Remaja, 4. Cabang Tilawah Dewasa, 5. Khotil Qur'an, 6. Cabang Syahril Qur'an, 7. Hifdzil Qur'an 1 juz dan 5 juz.

Rusli mengungkapkan bahwa ada cabang lomba yang tidak ada juara I karena standar nilainya tidak tercapai.

Ketua Majelis Hakim Ustadz Muhammad Ilyas membacakan Surat Keputusan Nomor : 01/KEP.DH/MTQ-VIII/2022 Tentang Penetapan Pemenang Qori Terbaik MTQ Ke-7 Tingkat Desa Pangkalan Batang Barat Tahun 2022 diraih Mukhlis Saputra yang akan mewakili desa ini dalam MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis tahun 2022.

Ketua LPTQ Kecamatan Bengkalis, Junaidi,SAg dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat desa ini karena telah mengutus peserta KTIQ pada MTQ ke-40 tingkat Provinsi Riau.

Disampaikan Junaidi bahwa Juliana merupakan alumni MAN 1 Bengkalis tempat beliau mengabdi menjadi guru. Selain itu, Wahyu Surbakti asal Desa Pangkalan Batang juga meraih juara I pada MTQ di Bagansiapiapi tadi yang akan maju di MTQ tingkat nasional di Kalimantan.

Junaidi juga menyampaikan, Kabupaten Bengkalis menempati juara MTQ ke-40. Kecamatan Bengkalis selama 5 tahun berturut-turut menjadi juara umum pada MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis.

"Kita berharap pada MTQ tingkat Kabupaten tahun ini juga menjadi juara umum dengan bantuan Pemerintah Desa Pangkalan Batang Barat. Hampir 70% pada MTQ ke-40 Riau di Bagansiapiapi adalah anak-anak Kecamatan Bengkalis. Kita ada program di kecamatan yang rutin kita laksanakan, didukung pula dana yang ada. Peserta kita kalau tidak dilatih, tidak bisa," terang Junaidi.

Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, H Arianto berpesan kepada Kades Azmi Yulfikar ketika anak-anak sudah digembleng selama 4 malam dalam MTQ Ke-7 tersebut, tidak bisa dibiarkan perlu dilakukan pembinaan.

"Tidak ada yang mustahil dalam hidup ini, bisa menjadi juara tingkat nasional seperti Azwan ketika kami menjadi Ketua LPTQ tingkat Kabupaten Bengkalis. Mari sama-sama kita memberikan dukungan, saya juga akan mendukung sesuai kemampuan. Pemekaran desa adalah dalam rangka mempercepat pembangunan, bisa mengatur sendiri, mengurus desa sendiri dan hari ini kami membahas pemekaran desa baik Kecamatan Bengkalis, Bantan maupun desa-desa di kecamatan lain di Kabupaten Bengkalis. Insya Allah esok malam dibuka MTQ tingkat Desa Kelapapati," kata H Arianto.

Hadir dalam acara penutupan ini Ketua LAMR Desa, Kadus, Ketua RW, Ketua RT, masyarakat desa dan Kades Sebauk Tamrin. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww