Home > Berita > Umum

Kunker ke SMAN 2 Kotokampar Hulu, Rektor Langsung Ajak Siswa yang Hafal Quran 3 Juz Kuliah di Unilak dengan Beasiswa

Kunker ke SMAN 2 Kotokampar Hulu, Rektor Langsung Ajak Siswa yang Hafal Quran 3 Juz Kuliah di Unilak dengan Beasiswa
Rabu, 27 Juli 2022 08:20 WIB
Abdul Roni

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Dr Junaidi disambut meriah oleh siswa SMA Negeri 2 Kotokampar Hulu setibanya di areal sekolah itu dalam kunjungan kerja (kunker) pada Selasa (27/7/2022). Tak hanya itu, kepala sekolah dan guru guru turut menyertai diiringi dengan drum band, pengalungan bunga, serta tari persembahan.

Kunjungan Junaidi ke salah satu daerah terluar di Kabupaten Kampar ini untuk melakukan kerja sama dan motivasi para guru-guru dan siswa untuk meningkatkan SDM khususnya pendidikan. Turut hadir antara lain Kepala Kantor Internasional Urusan Kerja Sama Dr Nurfaisal, Camat Kotokampar dan kepala desa setempat.

SMA Negeri 2 Kotokampar Hulu berjarak 30 menit dari Candi Muara Takus. Daerah ini berbatasan langsung dengan Sumatera Barat dan Rokan Hulu (Riau). Daerahnya sejuk dan berbukit serta dialiri sungai berarus sedang. SMAN 2 Kotokampar Hulu memiliki siswa sebanyak 301 orang yang terdiri dari kelas 10-12.

Kepala SMAN 12 Kotokampar Makmur M.Pd mengatakan, kunjungan dalam rangka penguatan kompetensi guru guru dan siswa. SMA ini berdiri tahun 2012 awalnya dimiliki oleh swasta di bawah yayasan kemudian di tahun 2014 sudah menjadi sekolah negeri.

"Ada guru PNS, PPPK, honorer komite, ada staf tata usaha termasuk penjaga sekolah. Kami berharap kepada Rektor Unilak hendaknya memberikan pandangan arahan dan motivasi implementasi kerja sama dalam kegiatan, bisa pengabdian, penelitian, dan peningkatan kompetensi guru-guru dan siswa," ujar Makmur.

Sementara itu Junaidi di depan siswa dan guru menyampaikan tentang pentingnya untuk melanjutkan kuliah, khususnya bagi yang kelas 12.

Dikatakan Junaidi, ketika sekolah di SMA kuatkan dalam hati untuk terus melanjutkan pendidikan, jangan hanya cukup SMA. Kami mendorong untuk kuliah, bisa di Unilak. Sejak bangku SMA belajar tekun, rajin, dan disiplin, katanya.

Di depan 300 siswa dan guru guru Junaidi menceritakan pengalaman dirinya sekolah dan kuliah di Unpad sertaUGM. Dikatakannya, di masa itu kuliah kondisinya berbeda. Belum ada internet, transportasi masih sulit, teknologi, dan kalau mau pulang kampung setahun sekali.

"Dulu kuliah di Bandung kalau pulang ke kampung sekali setahun kemudian pernah kuliah sambil kerja, menjadi translator bahasa Inggris, dan lain-lain. Kalau kita tekun, nilai bagus, maka ada beasiswa, banyak beasiswa. Kuatkan niat kuliah, pilih jurusan yang di sukai," ujar Junaidi yang juga tokoh pendidikan Riau ini.

Junaidi pun menyampaikan beberapa jenis beasiswa di Unilak di antaranya; beasiswa Bidikmisi prestasi, KIP kuliah, Baznas Provinsi Riau, dan Beasiswa Bhakti Negeri.

Pada kesempatan itu Junaidi berdialog dengan empat siswa Kemudian rektor langsung menawarkan kepada siswa SMA 2 Negeri Kotokampar Hulu yang hafiz Quran 3-5 juz langsung masuk Unilak dan diberikan beasiswa. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww