Inilah Upaya Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi agar Masyarakat Memiliki Rumah Layak Huni

Jum'at, 08 Juli 2022 07:27 WIB
Advertorial
inilah-upaya-pemerintah-kabupaten-kuantan-singingi-agar-masyarakat-memiliki-rumah-layak-huniGambar hanya ilustrasi/INTERNET

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penyediaan rumah layak huni (RLH) bagi masyarakat seiring peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020. Jokowi menekankan bahwa rumah layak adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga, sebagai pilar utama kekuatan bangsa, sekaligus berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan termasuk pandemi Covid-19.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/19072022/potretnewscom_jvejp_2421.jpgPelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuantan Singingi Indra Suandy/F-ISTIMEWA

Menindaklanjuti arahan presiden dan menyadari masih banyak warga yang belum memiliki rumah, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) setempat pada pada tahun anggaran 2022 ini, berencana melakukan rehab dan membangun sebanyak 110 unit RLH.

”Setiap tahunnya DPKPP selalu melakukan rehab dan membangun rumah layak huni. Ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian kita, demi untuk kesejahteraan masyarakat khususnya bagi yang belum memiliki rumah yang layak,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kuantan Singingi Indra Suandy dalam sebuh bincang-bincang dengan potretnews.com, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, pembangunan RLH ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) pusat sebanyak 50 unit, dan bantuan keuangan (BanKeu) Provinsi Riau sebanyak 60 unit. Sehingga totalnya mencapai 110 unit rumah.

”Untuk pembangunan dan rehap rumah itu dari DAK, dengan nilai setiap unitnya sebesar Rp20 juta, karena hanya rehab. Sedangkan dari BanKeu dengan anggaran Rp 60, 5 juta per unitnya, karena dilakukan pembangunan dari awal,” ujarnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/19072022/potretnewscom_epnut_2420.jpgKantor Bupati Kuantan Singingi/F-ISTIMEWA

Namun untuk merealisasikannya perlu proses yang baik, agar tepat sasaran dan berkualitas. Karena itu, pemerintah butuh dukungan semua pihak sehingga tepat sasaran. ”Harapan kita, dengan semakin banyak RLH dibangun, ke depan masyarakat sudah punya rumah layak huni,” kata kadis.

Pada bagian lain dia mengatakan, pada tahun 2021 lalu, juga telah dilakukan pembangunan RLH. ”Melalui DAK diperoleh sebanyak 54 unit, dan melalui Bankeu sebanyak 75 unit,” pungkasnya. (Adv)

wwwwww