Launching Mesin Serut Lidi Korem 031/WB, Syamsuar: Bentuk Upaya Pemulihan Ekonomi

Launching Mesin Serut Lidi Korem 031/WB, Syamsuar: Bentuk Upaya Pemulihan Ekonomi

Gubri menghadiri launching mesin serut lidi Wira Bima oleh Korem 031/WB, Rabu (29/6/2022)./F-IST

Rabu, 29 Juni 2022 19:12 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri launching mesin serut lidi Wira Bima (WB) oleh Korem 031/WB, di Lapangan Makodim Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, Rabu (29/6/2022).
Gubri juga mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) dan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan mesin serut lidi. Agar bahan baku lidi ini bisa diproduksi ulang sehingga memiliki nilai ekonomi guna untuk kesejahteraan masyarakat Riau khususnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau untuk UMKM dan Pemda untuk bekerja sama agar bahan baku lidi ini dapat diproduksi kembali dan memiliki nilai jual dan bahkan jika diproduksi dalam jumlah yang banyak dapat diekspor.

"Mari kita bekerja sama berkolaborasi agar tidak menjadi limbah atau dibuang begitu saja atau dibakar tapi sekarang sudah bisa diproduksi yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat kita khususnya di wilayah perkebunan sawit," katanya.

Ia menuturkan, bahwa inovasi mesin serut lidi oleh Korem 031/WB ini juga merupakan bentuk upaya melakukan pemulihan ekonomi. Apalagi, ungkapnya, setelah pandemi Covid-19 banyak UMKM yang terdampak akibat Covid-19 ini, sehingga diperlukan inovasi seperti ini untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

"Hal ini perlu dimanfaatkan, apalagi di Riau di daerah-daerah yang cukup banyak kebun sawitnya. Yang selama ini lidi sawit ini banyak juga dibuang-buang begitu saja atau dianggap hanya sampah tapi kondisi sekarang ini juga bisa menjadi komoditas ekspor," ungkapnya.

Oleh karena itu, Gubri Syamsuar berharap pemanfaatan mesin serut lidi ini dapat meningkatkan usaha para pelaku usaha mikro di desa-desa yang ada di Provinsi Riau.

"Diharapkan nantinya masing-masing daerah juga meningkatkan usahanya dan menambah alat-alat ini dan alat ini juga tidak mahal ini.Sehingga nanti bisa disiapkan lebih banyak dan bisa dibagikan kepada pelaku-pelaku usaha mikro. Semoga mesin ini bisa membantu masyarakat kita yang ada di pedesaan," harapnya. (Adv)

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww