Home > Berita > Umum

Milad ke-40 Unilak; Akselerasi, Prestasi, dan Ilahi, Modal Utama Percepatan Unilak Unggul

Milad ke-40 Unilak; Akselerasi, Prestasi, dan Ilahi, Modal Utama Percepatan Unilak Unggul
Sabtu, 25 Juni 2022 08:18 WIB
Abdul Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru telah berusia 40 tahun pada 9 Juni 2022. Semarak rangkaian kegiatan hari lahir Unilak telah dilakukan sejak bulan Mei lalu dan akan terus berlanjut hingga di Oktober 2022.

Milad ke-40 tahun 2022 mengambil tema; Akselerasi, Prestasi, dan Ilahi, Menjadi Kunci Utama untuk Percepatan Mewujudkan Visi Menjadi Universitas Unggul di Tingkat Nasional Berlandaskan Budaya Melayu Tahun 2030.

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam keteranganya, Jumat(24/06/2022) mengatakan, tema milad ini merupakan upaya dari sumber daya yang ada di Unilak untuk bersama-sama bekerja keras dan meningkatkan kualitas megerjar visi untuk percepatan Unilak Unggul.

Berbagai program baik internal dan ekternal telah dilakukan dalam rangkaian milad ke-40. Di antaranya adalah lomba tenis meja, lomba mengaji, lomba desain brosur untuk mahsiswa, lomba Bulutangkis, lomba nyanyi, fashion show busana muslim anak-anak, Unilak Got Talent, lomba memasak, gerak jalan santai, dll.

Sementara untuk program ekternal diantaranya Entreprehnuer Award 2022, lomba MTQ tingkat SMA se-Riau, turnamen sepakbola SMA se-Riau, turnamen bola voli se-Sumatra, temu alumni, seminar internasional, gerak jalan Faperta, peluncuran buku 40 tahun Unilak.

Untuk penerimaan mahasiswa baru dalam rangakian milad ke-40, Unilak juga memberikan diskon khusus bagi siswa SMK yang mendaftar kuliah di Unilak di jalur SMK berupa potongan uang pengembangan sebesar Rp600 ribu, dan khusus lulusan SMA sebesar Rp300 ribu.

Di bawah kepimpinan Dr Junaidi, di tahun 2022 ini Unilak terus berkembang pesat. Dalam tempo 6 bulan telah hadir tiga prodi baru yaitu Prodi Desain Interior di Fakultas Teknik, Prodi Bisnis Digital di Fasilkom Unilak dan Magister Ilmu Lingkungan untuk program pascasarjana. Di tahun ini juga akan berdiri prodi-prodi lainya di Unilak.

”Tema tahun ini memiliki makna yang dalam untuk mewujdukan percepatan Visi Unilak Unggul di tahun 2030. Akeselerasi miliki makna percepatan/fleksibel, dan lincah. Prestasi adalah merupakan upaya berstandar dari kampus untuk meningkatkan kualitas sehingga menghasilkan/diakui dalam bentuk prestasi, sementara untuk Ilahi, merupakan bentuk keteguhan dan azam dari lingkungan Unilak untuk tetap ingat dan meminta ridho kepada Allah Swt agar apa yang kita ingin dikabulkan." ujar Dr Junaidi.

Tidak hanya itu, di bulan Juni 2022 Unilak juga telah melakukan MoU dengan 5 Perguruan Tinggi di Indonesia untuk membuka program S-2 dan doctor (S-3). Yaitu; Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Islam Sultan Agung Jawa Tengah, Universitas Muslim Indonesia Makassar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya dan yang terbaru adalah STKIP PGRI Sumbar.

Untuk SDM, Unilak juga telah meningkatkan bantuan bagi dosen Unilak yang ingin mengamil pendidikan doktoral. Upaya lainnya yaitu dengan memberikan penghargaan kepada pengelola jurnal dan dosen Unilak yang rutin melakukan publikasi jurnal terakreditasi Sina.

Sementara itu Wakil Rektor II Hardi SE MM mengatakan, semarak Milad ke 40 bagi Internal Unilak merupakan upaya semangat dari SDM Unilak untuk bersama sama memajukan Unilak, meningkatkan pelayanan, dan meningkatkan kekompakan dan rasa persatuan.

”Kemarin telah di mulai rangkaian kegiatan olahraga dan hiburan, ada lomba memasak, lomba badminton, lomba tenis meja, dan untuk mahasiswa ada lomba desain brosur, dan akan dilakukan dengan Jalan-jalan sehat yang diikuti oleh civitas akademika,” pungkasnya. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww