Desa Pangkalanbatang Barat di Bengkalis Catat Sejarah; Dua Menara Lampu Colok Berhasil Meraih 2 Peringkat Juara

Desa Pangkalanbatang Barat di Bengkalis Catat Sejarah; Dua Menara Lampu Colok Berhasil Meraih 2 Peringkat Juara

Roslan dan Herman saling merangkul sebagai ungkapan syukur atas prestasi 2 gelar juara Festival Lampu Colok tahun 2022, Sabtu (21/5/2022) malam.

Minggu, 22 Mei 2022 19:39 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Desa Pangkalan Batang Barat Bengkalis Riau mencatat sejarah, 2 Menara Lampu Colok tahun 2022 meraih 2 gelar juara, juara I dan juara harapan I.

Hal ini sebagaimana dikatakan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, H Arianto,MP saat menyampaikan sambutan dalam acara syukuran yang digelar oleh panitia Menara Lampu Colok dan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Pangkalan Batang Barat, Sabtu (21/05/2022) malam.

"Desa Pangkalan Batang Barat mencatat sejarah mendapatkan dua gelar juara untuk dua menaranya yang sebelumnya belum pernah terjadi," kata H Arianto yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Bahkan, H Arianto memuji Menara Lampu Colok juara pertama desa ini jauh lebih hebat dibandingkan Menara Lampu Colok di Provinsi Riau yang diberitakan salah satu TV Nasional. "Mudah-mudahan, kita berdo'a Bang Roslan (juru gambar menara/ bagian teknik menara,red) ini sudah dicatat gubernur (Gubri Syamsuar) untuk dipanggil tahun depan untuk mendesain Menara Lampu Colok di depan rumah gubernur," ajak H Arianto.

Atas prestasi ini, H Arianto memberikan apresiasi karena kekompakan Kades Azmi Yulfikar, Ketua BPD Dedi Asiadi bersama panitia dan masyarakat dalam melakukan pekerjaan menyiapkan Menara Lampu Colok Desa Pangkalan Batang Barat tahun ini.

"Mengenai tuan rumah, sudah mutlak dan tak bisa ditawar-tawar lagi Desa Pangkalan Batang Barat ini menjadi tuan rumah Festival Lampu Colok tahun 2023 yang akan datang. Kita akan selalu memberikan dukungan kepada masyarakat dan pemuda atas apa yang telah dicapai hari ini. Semoga ini bisa dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Pak Kades Azmi Zulfikar sudah menyampaikan tadi bahwa persiapan Menara Lampu Colok tahun depan sudah mulai dibicarakan bersama Roslan. Semoga desa ini akan lebih baik dan masyarakat merasakan kesejahteraan itu," harap H Arianto yang pernah menjadi Pj Sekda Bengkalis ini.

Sebelumnya, mewakili Ketua Umum Menara Lampu Colok Desa Pangkalan Batang Barat, Ade Desri Kurniawan dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh warga, baik yang telah berkontribusi secara langsung maupun tidak dalam kegiatannya Festival Lampu Colok 2022 yang ditaja oleh Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

"Sama-sama kita ketahui, Colok Desa Pangkalan Batang Barat mendapatkan hasil yang maksimal yaitu juara I dan juara harapan I tingkat Kabupaten Bengkalis. Ini tidak terlepas dari kontribusi kita semua bersatu membuat Menara Lampu Colok Desa Pangkalan Batang Barat sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada bapak-bapak, ibu-ibu, para donatur yang sama-sama berkontribusi yang menyukseskan api Colok desa kita ini," ucap Ade Desri Kurniawan yang juga anggota BPD.

Ade juga mengungkapkan, sejumlah 30 juta rupiah dianggarkan desa, ditambah sumbangan donatur yang terkumpul sekitar 15 juta rupiah sehingga total 45 juta rupiah. Biaya yang dikeluarkan untuk 2 Menara Lampu Colok sesa ini sebesar 53 juta rupiah.

"Untuk kekurangannya, Alhamdulillah, dalam kepanitiaan dapat kami selesaikan. Mewakili seluruh panitia kami mengharapkan silaturahmi dan kontribusi yang telah ada akan terus berlanjut di tahun depan sehingga dapat mempertahankan gelar juara tahun ini," tutur Ade.

Selain itu, Ade dan seluruh panitia dan pemuda mengharapkan kepada anggota DPRD H Arianto dan Herman Nur, melakukan upaya agar pembukaan Festival Lampu Colok tahun 2023 dilaksanakan di Desa Pangkalan Batang Barat sebagai tuan rumah.

Herman Nur,SE,MM dalam kesempatan memberikan sambutan merasa tersanjung karena beliau mengaku belum memberikan apa-apa kepada desa kelahirannya meskipun telah ber-KTP Desa Wonosari.

"Harapan saya tahun 2023, Desa Pangkalan Batang Barat tidak hanya membuat dua Menara Lampu Colok. Kami dengan Pak H Arianto akan berusaha agar desa kita ini menjadi tuan rumah Festival Lampu Colok 1444 Hijriyah," bebernya.

Herman mohon dukungan terutama pihak desa, yang kedua pemuda agar, "Jangan pernah lemah, jangan pernah kendor, jangan pernah mengeluh, tetap berusaha. Kami, Insya Allah akan tetap mendukung selagi kami mampu. Kami akan mendukung pemuda, yang penting dukungan dari pada orang tua, orang tua yang mendo'akan kita. Do'a supaya kita senantiasa diberi kesehatan," ucap Herman yang saat ini ASN di Setda Pemkab Bengkalis.

Indahnya Menara Lampu Colok Desa Pangkalan Batang Barat, "Sehingga tanpa disangka-sangka ibu Bupati kita berkodak di lampu colok kita, datang pakai becak," ucap Herman dalam dialek Melayu Pesisirnya.

Kepada H Ariyanto, Herman berharap agar bisa memfollow up ke Pemkab Bengkalis usulan ambulance Desa Pangkalan Batang Barat melalui dana CSR Bank Riau Kepri.

Kades Azmi Yulfikar dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan pengerjaan Menara Lampu Colok desanya luar biasa kompaknya.

"Beberapa tahun sebelumnya Menara Lampu Colok desa ini pernah tampil terbaik tetapi tidak mendapat juara sama sekali. Oleh karena itu pemuda merasa trauma untuk kembali ikut Festival Lampu Colok. Kita coba memberikan pengertian kepada pemuda bahwa ini merupakan tradisi yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Setelah bincang-bincang dengan Bang Ros, kami memanggil beberapa pemuda agar tahun ini ikut dalam Festival Lampu Colok," terang Kades Azmi.

"Kita yakin, kalau kegiatan itu kita buat dengan ikhlas dan semangat, persatuan kuat maka hasil terbaik akan didapat," ungkap Azmi seraya menyebutkan ada program bagi pemuda yaitu bidang pertanian tanaman cabe nantinya di lokasi menara juara pertama dan budidaya ikan lele yang telah panen sebelum Ramadhan kemarin

Mengawali acara syukuran, qori Muhammad Al Hafis melanrunkan bacaan ayat suci Al-Qur'an. Malam itu juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan Syahrizal,SH,MPd.

Hadir dalam acara syukuran ini Ketua BPD dan anggota, Kades Sebauk Tamrin, Ketua LAMR Desa Pangkalan Batang Barat dan anggota, para Ketua Dusun, para Ketua RW dan Ketua RT, Ketua BPD Air Putih Jufri, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pendidikan serta pemuda pemudi desa yang semuanya berjumlah tak kurang 300an hadirin yang mayoritas lelakinya mengenakan Baju Kurung Teluk Belanga dan perempuannya Berkebaya Labuh.***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww