Home > Berita > Umum

Rombongan Sastrawan yang Diajak Raja Syair Asia Tenggara Mengaku Terkesan Selama di Bengkalis

Rombongan Sastrawan yang Diajak Raja Syair Asia Tenggara Mengaku Terkesan Selama di Bengkalis

Wabup Bagus Santoso, Kadis Parbudpora Edi Sakura, Dato Ahmad Tamimi Siregar, Roslan Madun dan rombongan foto bersama hadirin Kembara Puisi Maestro Siri I, Senin (16/05/2022).

Kamis, 19 Mei 2022 17:09 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sangat mengesankan bagi rombongan Kembara Puisi Maestro Siri I yang hadir di Warung Api, Jalan Antara Bengkalis.

Acara yang dikemas merupakan Peluncuran Buku Karya Roslan Madun, Raja Syair Asia Tenggara ini digelar pada Senin, 16 Mei 2022 kemarin. Meskipun hujan sempat turun sejak pagi, akhirnya teduh menjelang acara bermula pada siang harinya.

"Satu kejutan baru untuk saye karena di mane berhimpunnye seluruh orang-orang Melayu di sini. Dengan semangat setie kawannye yang begitu kukuh dan begitu akrab sekali. Saye merasekan bahwe ini harus dipanjangkan lagi, dilanjutkan lagi dengan beberape siri lawatan pertukaran budaye, pertukaran masyarakat terutame anak-anak remaje dan sebagainye," kata Dato Ahmad Tamimi Siregar, sutradara dan pemain film Malaysia kepada potretnews.com, Senin (16/5/2022).

Ditambahkan Dato Ahmad Tamimi dalam dialek Melayu Malaysia-nya, "Di tahun depan ade direncanakan bahwe perhimpunan Yong Dolah dilaksanekan di Semenanjung, di Malaka atau di Pahang Darul Makmur," tambah Dato Ahmad Tamimi yang telah berusia 72 tahun ini.

Saat ditanyakan apakah ada peluang penyair, sastrawan dan penyanyi berbakat Bengkalis, Lulu bisa diajak bekerjasama di Malaysia, Dato Ahmad Tamimi menjawab, "Insya Allah, melalui progrem Yong Dolah tahun depan, penyanyi berbakat Lulu bisa diselipkan di dalam itu," jawab Dato Ahmad Tamimi yang sejak umur 20 tahun telah mulai di dunia perfilman ini.

Dato Ahmad Tamimi saat ini tengah menggarap film tahun 1925 melalui sebuah perkumpulan Mak Yong. "Tapi dialeknye dalam bahase Kelantan. Saye sampaikan kepade Wakil Bupati (Bagus Santoso, red) supaye mengadekan premier nantinye di Bengkalis, film yang saye lakonkan terbitan maha karye bersama Muzakki dibuatkan rezpan di Bengkalis," ungkap Dato Ahmad Tamimi Siregar yang pertama kali ke Bengkalis, pertama kali ke Riau dan beberapa kali ke Kepulauan Riau Propinsi Kepri.

Sementara itu, Azre bin Arifin, yang menjadi Lawyer di perusahaan/ Syarikat Boboy Bagian Hak Intelek kepada jurnalis media ini mengaku, "Petame kali saye ke Bengkalis dan ketige kali ke Riau. Sambutan yang lua biase. Sungguh saye tak menyangke begitu hebat sekali sambutan orang-orang Bengkalis dan ternyata memang betul ape yang dikatekan oleh Bapak Wakil Bupati tadi, sekali minum air di Bengkalis ini pasti akan datang lagi dan saye berancang untuk datang lagi besame keluarge ke Bengkalis karene tak jauh dari kampung saye di Muar Malaysia," kata Azre bin Arifin yang suaranya mirip Boboy ini pula.

Setelah mendapat informasi dari Erik Maunanta, pemilik usaha Cafe Kap, di Bengkalis akan ada musim durian tak lama lagi, "Akan datang berlibur sebab ayah saye suke durian dan Insya Allah pastinye kalau waktu mengizinkan, bersesuaian, saye akan kembali ke sini musim durian nanti," kata Azree Arifin.

"Saya ucapkan setinggi-tinggi terima kasih kepade seluruh komunitas di Bengkalis ini, semua pihak terutama Wakil Bupati dan juge kepala dinas (Kadis Parbudpora, Edi Sakura) dan semua rekan-rekan seniman, penulis-penulis di sini," kata Roslan Madun.

"Nanti kita atur lagi mungkin ade wacana wacana yang lain Insya Allah buat acara di sini lagi. Selepas lockdown banyak sekali acare saye yang diatur di Malaysia. Insya Allah, kite bisa berkolarasi kembali," beber Roslan Madun yang pernah sukses buat acara serupa melalui Rumah Sastra Bengkalis (RSB) pada Rabu, 30 Januari 2019 silam sebelum Covid-19 melanda dunia.

Seramai 11 orang warga negara Malaysia hadir dalam acara pasca Covid-19 pada Mei 2022 ini. Dr. Zuraina seorang dosen di negeri jiran dan dosen Rosikin Saidun juga sangat terkesan dengan tabuhan kompang Grup Langgam Muara Desa Teluk Latak yang tampil kala itu. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww