Home > Berita > Umum

Dua Menara Lampu Colok Menang Festival, Masyarakat Pangkalanbatang Barat Bengkalis akan Syukuran

Dua Menara Lampu Colok Menang Festival, Masyarakat Pangkalanbatang Barat Bengkalis akan Syukuran

Kades Azmi Yulfikar saat memimpin rapat persiapan Syukuran dan Menara Lampu Colok tahun 2023 di aula desa, Selasa (17/5/2022) malam kemarin.

Kamis, 19 Mei 2022 16:25 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Atas keberhasilan 2 Menara Lampu Colok Desa Pangkalan Batang Barat, Bengkalis Riau menjadi juara I dan juara harapan I, Kepala Desa (Kades) Azmi Yulfikar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang menaja Festival Lampu Colok tahun 2022.

"Tadi siang telah diumumkan kebetulan kita membuat dua menara colok, Alhamdulillah kedua-duanya masuk ke dalam kategori juara, juara I dan harapan I. Ini merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan bagi kami karena selama ini kami belum merasa hal ini dan tahun ini tak dapat lah kami mengungkapkan rasa bahagia itu. Hal ini tentu merupakan semangat baru bagi pemuda di desa kami ini untuk lebih mempersiapkan untuk tahun depan," kata Kades Azmi Yulfikar kepada potretnews.com, Selasa (17/05/2022) malam kemarin.

"Kita memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang telah membuat Festival Lampu Colok tahun 2022. Tentunya ini memberikan semangat, dorongan dan motivasi kepada pemuda-pemuda yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk melestarikan budaya Lampu Colok ini karena sebagaimana kita ketahui sejak dahulu lampu colok ini sangat dikenal khususnya di pulau Bengkalis. Ini merupakan ikon Bengkalis salah satu budaya kita," tambah Azmi Yulfikar setelah selesai rapat persiapan Menara Lampu Colok tahun 2023 mendapatang.

Kades Azmi Yulfikar juga mengucapkan selamat kepada masyarakat khususnya panitia Menara Lampu Colok desanya yang telah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan mulai dari persiapan, pekerjaan sampailah pada pemasangan Lampu Colok tadi.

"Kita sudah komitmen dalam rapat tadi untuk mempertahankan juara I tahun ini. Tentu kita harus melakukan persiapan-persiapan untuk hal itu. Kebetulan di sini kita ada konsultan (juru gambar menara), Ruslan. Kita sangat berharap kepada beliau untuk dapat bekerjasama kembali demi mewujudkan keinginan dari pada masyarakat desa kita ini. Lampu colok Bengkalis yang sudah menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) secara nasional, tidak salah Lampu Colok ini kita budayakan terus menerus sampai ke anak cucu kita," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Azmi Zulfikar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis yang telah menaja Festival Lampu Colok secara rutin.

"Kami berharap kalau bisa hadiahnya ditingkatkan lagi karena kalau kita berbicara masalah anggaran dalam menyiapkan Menara Lampu Colok ini sangat besar sekali tapi karena tahun ini banyak sumbangan-sumbangan dari masyarakat jadi sedikit membantu karena budaya ini diinginkan tetap lestari," beber Kades Azmi Yulfikar.

"Baik pemdes, panitia pelaksana maupun seluruh masyarakat Desa Pangkalan Batang Barat mengucapkan terima kasih kepada para donatur baik yang ada di pulau Bengkalis maupun di luar Bengkalis karena semuanya tidak terlepas daripada bantuan-bantuan masyarakat. Semangat ini akan kami jaga. Kemungkinan dalam waktu dekat kami akan membuat syukuran dan kami akan mengundang bapak-bapak, ibu-ibu para donatur baik yang ada di pulau Bengkalis maupun di luar pulau. Yang jelas kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur tadi dan diharapkan ini bisa berkelanjutan di tahun yang akan datang," harap Kades didampingi Ketua BPD, Dedi Asiadi dan beberapa orang Kepala Dusun di akhir wawancara.

Ruslan pula sebagai juru gambar atau pelaksanaan teknik kedua Menara Lampu Colok desa ini berencana untuk tahun depan sudah menyiapkan gambar bersama Kades Azmi Yulfikar supaya keindahan menara nantinya akan lebih baik lagi dan diminati semua kalangan di Kabupaten Bengkalis.

"Saya bersama Kepala Desa dan stafnya akan menyiapkan gambarnya. Kami merencanakan gambar yang akan kami tampilkan merupakan ikon Kabupaten Bengkalis, mungkin masjid yang terindah di Bengkalis. Di sini tak dapat kami menyebutkannya karena kami sedang memilih gambar yang kami maksudkan. Yang jelas, kami sudah memikirkan masjid mana yang akan kami ambil sebagai miniatur Menara Lampu Colok tahun 2023 tahun depan," kata Ruslan singkat.

Didapat informasi, nilai tertinggi untuk api Colok diraih Menara Lampu Colok Dusun Kampung Parit Desa Pangkalan Batang Barat yang berhasil di juara harapan I tadi. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww