Bertemu Sekjen KLHK, Gubri Bahas Percepatan Penyelesaian Kebun Dalam Kawasan Hutan

Bertemu Sekjen KLHK, Gubri Bahas Percepatan Penyelesaian Kebun Dalam Kawasan Hutan

Gubri Syamsuar bertemu Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa (5/4/2022)./F-IST

Selasa, 05 April 2022 19:12 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) akan memprioritaskan penyelesaian kebun dalam kawasan hutan di Provinsi Riau. Sebelumnya, Riau juga telah dinyatakan sebagai provinsi percontohan dalam penertiban kebun dalam kawasan hutan.

Guna percepatan identifikasi kebun dalam kawasan hutan tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar ditemani Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Mamun Murod menyambangi Gedung Manggala Wanabakti, KLHK di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Di sini, Gubri dan Kadis LHK Riau ditemui oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK, Bambang Hendroyono.

Sekjen KLHK mengatakan, bahwa pemerintah akan memprioritaskan Riau dan Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk percepatan penyelesaian kebun dalam kawasan hutan tersebut.

"Provinsi Riau menjadi percontohan penertiban dan akan menjadi prioritas, bersama Kalteng. Dan kami (KLHK, red) akan melibatkan pemerintah daerah untuk percepatan penyelesaian kebun dalam kawasan hutan tersebut," kata Bambang.

Hal ini pun disambut baik oleh Gubri Syamsuar. Dengan catatan, orang nomor satu di Riau meminta agar pemerintah pusat memberikan anggaran khusus untuk mendanai proses identifikasi kebun tersebut.

Apalagi, percepatan ini sejalan dengan tuntutan DPR RI kepada KLHK untuk menyelesaikan informasi dan data kebun dalam kawasan hutan.

"Kami tentunya menyambut baik rencana KLHK untuk melibatkan pemerintah daerah
dalam proses identifikasi, dengan syarat didukung pendanaan dari pusat. Dalam hal ini Kementerian Keuangan melalui KLHK," kata Gubri.

Sementara itu, Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murod menambahkan bahwa saat ini KLHK sedang melakukan survey non terestris. Survey terestris juga akan segera dilakukan dengan melibatkan pemerintah daerah.

"Mudah-mudahan apa yang kami kerjakan bersama pak gubernur dan KLHK ini secepatnya tuntas. Apa lagi, Riau ini memang menjadi percontohan dan prioritas utama," imbuh Murod. (Adv)

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww