Produk Kreatif Custom Motor Panglima Ghimbam Diluncurkan Gubri

Produk Kreatif Custom Motor Panglima Ghimbam Diluncurkan Gubri

Gubri luncurkan produk kreatif custom motor Panglima Ghimbam di halaman Kediaman Gubernur, Rabu (30/3/2022)./F-IST

Rabu, 30 Maret 2022 10:01 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau (Gubri) mendukung kreativitas anak bangsa sektor otomotif dengan ikut meluncurkan produk kreatif motor custom bertema nuansa melayu di laman Kediaman Gubernur, Rabu (30/3/2022).

Motor custom bertema Melayu ini diproduksi oleh satu di antara komunitas otomotif di Kota Pekanbaru yakni Gege's Garage. Launching ini diharapkan menjadi wadah bagi komunitas motor, untuk unjuk kreativitas modifikasi sepeda motor.

"Sangat luar biasa. Bagaimana adinda Ronny menciptakan sesuatu betul-betul berkaitan dengan budaya Melayu. Sehingga motif ini betul-betul merupakan hasil kreativitas yang betul-betul kita banggakan baik untuk Riau maupun untuk Indonesia," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, peluncuran motor custom tema Melayu ini adalah upaya sekaligus memberikan kesempatan kepada komunitas untuk bergerak maju mengenalkan budaya Melayu untuk mengikuti event di nasional maupun internasional.

“Harapan kami mudah-mudahan anak-anak putra Riau juga senantiasa berkarya sehingga tentunya membuat kemajuan Riau di masa yang akan datang,“ ujar Syamsuar didampingi Kabid PSDP Dispar Riau, Beni Febrianto dan Hendry Zulfandry.

Syamsuar menambahkan, hal ini sejalan dengan program pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong lahirnya UMKM dengan produk unggulan yang memiliki daya saing nasional dan global.

Pada kesempatan ini Gubri memberi nama motor tersebut dengan nama "Panglima Ghimbam". Filosofis nama tersebut lanjut Gubri merupakan seorang panglima besar gagah dan perkasa di Kerajaan Gasib. Kerajaan Gasib pernah menyerang Aceh dan mengambil kembali Puteri Kaca Mayang kemudian dipersembahkan kepada Raja Gasib.

"Di mata masyarakat melayu sangat tahu persis ini ceritanya dan Panglima Ghimbam ini gagah perkasa sehingga tentunya motor ini bisa menunjukkan gagah perkasa sebagai panglima dan jadi pemenang," harap Gubri.

Sementara itu, Leader Gege's Garage, Ronny Sinaga mengatakan, bahwa motor ini merupakan bagian dari empat budaya yang akan dilahirkan di kota Pekanbaru. Pertama, motor bertema budaya Batak. Kedua, motor Ahong berbudaya China peranakan dan hari ini yang ketiga bertema budaya Melayu.

"Sebuah motor yang menggambarkan sebuah budaya yang lahir di tempat saya besar
dan teman-teman saya besar yaitu adalah budaya Melayu," ucap Ronny Sinaga. (Adv)

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww