Home > Berita > Umum

Marhum Pekan, Pendiri Kota Pekanbaru Diajukan sebagai Pahlawan Nasional

Marhum Pekan, Pendiri Kota Pekanbaru Diajukan sebagai Pahlawan Nasional
Jum'at, 21 Januari 2022 08:22 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru terus melakukan tahapan agar pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

Satu tahapan waktu dekat yakni seminar daerah. Ada rencana seminar daerah ini bakal berlangsung pada 9 Februari 2022 mendatang.

"Kita meminta dukungan semua pihak, agar nantinya seminar daerah bisa berjalan dengan baik," jelas Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (20/1/2022).

Masyarakat dan kalangan pendidikan bisa ikut dalam seminar yang berlangsung secara hibrid. Penyelenggara memadukan seminar langsung dan juga secara online. Ayat menyebut bahwa tidak mungkin seluruh peserta seminar hadir secara langsung.

Penyelenggara seminar pun menyediakan akses khusu bagi masyarakat yang hendak mengikuti seminar ini secara online. Politisi PKS ini mengajak semua pihak mendukung penuh rencana pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahwalan nasional. Ia menyebut setelah seminar daerah bakal ada seminar nasional.

"Nanti setelah seminar daerah tuntas, maka berlanjut seminar nasional. Ada rencana pada Maret 2022 mendatang," ujarnya, melansir Tribunnews.com.

Dirinya optimis pengajuan gelar pahlawan nasional bagi Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah bisa dilakukan pada April 2022 mendatang. Pengajuan tersebut melalui Gubernur Riau kepada Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP).

Ayat menyatakan bahwa tim berupaya melengkapi tahapan untum mengusulkan Marhum Pekan sebagai pahlawan nasional.Tim juga sudah melakukan penelusuran terhadap jejak sejarah Sultan kelima dari Kerajaan Siak .

Hasil penelusuran tim nantinya menjadi dokumentasi agar pada tahun depan targetnya Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional.Ia menyebut bahwa banyak tahapan untuk memenuhi pengajuan tersebut.

TP2GD melibatkan Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan Balitbang Kota Pekanbaru.Mereka bakal menyusun buku hingga menggelar seminar nasional agar bisa mengajukan Marhum Pekan. Pengusulan ini sebagai bentuk penghargaan atas sosok jasa dari Marhum Pekan.

Sosoknya berjasa sebagai pendiri Kota Pekanbaru. Marhum Pekan kini dikebumikan di pusara Komplek Makam Marhum Pekan. Posisinya berada dalam areal Komplek Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan. Kawasan itu kini menjadi satu cagar budaya di Kota Pekanbaru.Marhum Pekan kini bersemayam di komplek pemakaman yang sama dengan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit.

Sosok Marhum Bukit dikenal juga dengan nama Tengku Alam. Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah merupakan sultan keempat di Kerajaan Siak. Marhum Bukit merupakan ayahanda dari Marhum Pekan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww