Karhutla di Pelalawan Riau Meluas, Diperkirakan 30 Hektar Lahan Terbakar

Karhutla di Pelalawan Riau Meluas, Diperkirakan 30 Hektar Lahan Terbakar

Karhutla yang muncul di Desa Kuala Tolam, Kabupaten Pelalawan kian meluas./F-TRIBUNPEKANBARU

Jum'at, 21 Januari 2022 13:20 WIB

PELALAWAN, POTRETNEWS.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Kuala Tolam, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Riau semakin meluas. Api yang terdeteksi sejak Rabu (19/1/2022) siang lalu, belum berhasil dipadamkan hingga Jumat (21/1/2022).

Awalnya api membakar semak belukar dan lahan kosong yang ada di Desa Kuala Tolam. Namun kebakaran semakin meluas dan merembet ke lahan di sekitarnya, nyaris membakar kebun kelapa sawit milik masyarakat yang ada di dekatnya.

Angin kencang dan panas terik semakin memperbesar api Karhutla. "Apinya cukup besar dan melebar. Perkiraan sementara, lahan yang terbakar mencapai 30 hektar," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Rudianto, Jumat (21/1/2022), dilansir dari Tribunpekanbaru.com.

Rudianto menerangkan, operasi pemadaman telah dilakukan sejak hari pertama api muncul. Personel gabungan dari berbagai instansi telah berada di lokasi kebakaran dan berupaya menjinakkan api Karhutla.

Diantaranya dari unsur TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), beberapa regu pemadaman dari perusahaan swasta serta instansi lainnya.

Selama tiga hari proses pemadaman, tim gabungan di lapangan belum berhasil mencapai kepala api yang terus melebar.

Pola pemadaman dimulai dari tepi areal yang terbakar menggunakan peralatan yang ada. Bagian yang berhasil dipadamkan langsung dilakukan pendinginan mencegah api kembali muncul.

"Kondisi lahan yang terbakar merupakan sebagian besar lahan gambut. Puluhan personel gabungan masih di lokasi pemadaman," pungkasnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Pelalawan
wwwwww