Home > Berita > Umum

Unilak Jalin Kerja Sama dengan Bank Indonesia

Unilak Jalin Kerja Sama dengan Bank Indonesia
Selasa, 18 Januari 2022 06:18 WIB
Widya paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Riau. Senin(17/01/2022) di hotel Pangeran Pekanbaru. Penandatanganan kerjasama dituangkan dalam  Memoroundum of Understanding/nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi. M. Hum dengan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Maria Cahya Ningtyas.

Selain MoU dengan Unilak juga dilakukan dengan Unri, Umri, UIN, turut hadir sejumlah mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari berbagai kampus di Riau. Penandatangan MoU berkaitan dalam program penyaluran beasiswa bagi mahasiswa di Riau. Maria dalam sambutannya menyebutkan Kualitas generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban kemajuan perkembangan dan kesejahteraan suatu bangsa. Sumber daya manusia yang terdidik berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset yang strategis dalam pembangunan bangsa dan negara.

Dikatakannya tujuan pendidikan nasional merupakan bagian penting dari pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu sehat berprestasi berperilaku mulia dan menjadi warga negara yang akan menentukan kekuatan daya saing bangsa yang bertanggung jawab dalam keberlangsungan bangsa di masa akan datang.

Dijabarkan Maria, hak warga negara untuk mendapat pendidikan terangkum dalam undang-undang Dasar 1945 pasal 31 berdasarkan konstitusi tersebut pemerintah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara.

Program sosial Bank Indonesia berupaya berperan aktif untuk meningkatkan kualitas masa depan SDM Indonesia melalui program beasiswa bagi mahasiswa yang dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan menunjang studi serta membantu kebutuhann hidup. ujar Maria

"Program beasiswa Bank Indonesia tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tetapi  penerimaan beasiswa akan diwarnai atau masuk ke dalam komunitas serta mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala terencana dan terarah guna meningkatkan Individu serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi Insan Unggul dan berdaya saing," ujar Maria.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi M.Hum mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia. Program beasiswa Bank Indonesia telah banyak memberikan manfaat bagi Unilak, dan mahasiswa. Di Unilak mahasiswa yang menerima beasiswa Bank Indonesia berasal dari keluarga yang tidak mampu, tetapi memiliki nilai akademik yang tinggi, dan dilakukan seleksi yang ketat. " Beasiswa yang diberikan tidak hanya bagi mahasiswa Unilak tetapi juga mahasiswa lainya dari perguruan tinggi lain, ini tentunya merupakan kontribusi nyata Bank Indonesia bagi dunia pendidikan di Riau. Beberapa tahun lalu Unilak juga menerima bantuan dari Bank Indonesia berupa BI Corner/pojok bank Indonesia yang di bangun di Perpustakaan Unilak, kemudian ada hibah buku dll. "

Saat MoU, turut hadir Kepala Biro Akademik Unilak Ade Irwanda ST, Kabag Kemahasiswaan Fitri Juliani,S.Kom dan Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara.M.Ikom ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww