Dispendukcapil Kuantan Singingi ”Jemput Bola” Keliling Kecamatan Layani Warga yang belum Rekam KTP Elektronik

Jum'at, 17 September 2021 09:30 WIB
dispendukcapil-kuantan-singingi-jemput-bola-keliling-kecamatan-layani-warga-yang-belum-rekam-ktpSuasana perekaman KTP elektronik oleh jajaran Dispendukcapil Kabupaten Kuantan Singingi/F-DISPENDUKCAPIL KUANSING

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau menyiapkan sebuah inovasi untuk dapat melayani warga dalam mengurus KTP Elektronik. Jajaran Dispendukcapil setempat keliling ke seluruh kecamatan untuk mempercepat perekaman warga yang masih belum melakukannya.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kuantan Singingi HM Refendi Zukman SSos mengatakan bahwa upaya ”jemput bola” yang dilakukan Dispendukcapil semata-mata untuk melayani warga yang belum melakukan rekam KTP elektronik.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14102021/potretnewscom_nwx8u_2254.jpgKepala Dispendukcapil Kabupaten Kuantan Singingi HM Refendi Zukman SSos (kanan) menyerahkan KTP elektronik kepada warga lanjut usia/F-DISPENDUKCAPIL KUANSING

”Kehadiran kita ke kecamatan-kecamatan bisa membuat masyarakat tidak perlu melakukan pengurusan langsung ke kantor Dispendukcapil. Terlebih jika domisili masyarakat tersebut cukup jauh,” katanya saat bincang-bincang dengan potretnews.com, belum lama ini.

Dia menyebut, perekaman KTP elektronik tahap II menyasar 15 kecamatan yang dilaksanakan pada 6 hingga 29 September 2021. Adapun untuk pelayanan keliling dan penertiban akte kelahiran yakni tanggal 13 sampai 23 September.

Refendi Zukman mengatakan, dalam upaya membantu masyarakat memiliki dokumen kependudukan, pihaknya juga memprogramkan pembuatan akta kelahiran yang jumlahnya sebanyak 1.000 akta. Nantinya, kata Refendi, akta yang sudah selesai langsung diantar ke desa desa di setiap kecamatan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14102021/potretnewscom_ffvwe_2255.jpgKepala Dispendukcapil Kabupaten Kuantan Singingi HM Refendi Zukman SSos (kanan) menyerahkan KTP elektronik kepada warga/F-DISPENDUKCAPIL KUANSING

Kemudian untuk identitas anak, imbuh dia lagi, Dispendukcapil Kuansing juga melaksanakan pembuatan Kartu Identitas Anak sekitar sebanyak 1.100 KIA dari Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD).

Secara khusus, Refendi Zukman mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi agar segera mengurus administrasi kependudukan jika sudah memenuhi syarat. ”Jangan ditunggu membuat ketika baru perlu atau butuh untuk suatu urusan. Misalnya anak baru lahir, segera dibuat aktanya. Kami harapkan masyarakat bisa mengurus sendiri dan semua pelayanan gratis!” pungkas Refendi Zukman. (Adv)

wwwwww