Home > Berita > Riau

Gubernur Syamsuar Perkenalkan Sistem Informasi Jabatan Provinsi Riau di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021

Kamis, 01 Juli 2021 07:09 WIB
Rachdinal/Wahyu
gubernur-syamsuar-perkenalkan-sistem-informasi-jabatan-provinsi-riau-di-kompetisi-inovasi-pelayananGubernur Syamsuar tatkala empresentasikan aplikasi Sistem Informasi Jabatan Provinsi Riau (SI-Jabpri) secara virtual, di ruang kepala rumah jabatan gubernur di Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (30/6/2021).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si mempresentasikan aplikasi Sistem Informasi Jabatan Provinsi Riau (SI-Jabpri) secara virtual, di Ruang Kepala Rumah Dinas Gubri Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (30/6/2021). Aplikasi tersebut sedianya akan diikutsertakan pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021.

Dijelaskan Syamsuar, latar belakang pembuatan aplikasi SI-JABPRI ini terkait dengan kebijakan pemerintah melalui Presiden RI Joko Widodo yang telah menyampaikan untuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mewujudkan organisasi pemerintah tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran.

Gubernur Syamsuar juga menjelaskan bahwa pembuatan aplikasi SI-JABPRI ini tidak menggunakan vendor dan juga tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Karena pembuatan aplikasi ini dikerjakan oleh staf kita sendiri dibantu  oleh tenaga ahli IT PCR (Politeknik Caltex Riau)," ujarnya.

Dasar pembuatan aplikasi ini, ungkapnya, merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi(Permenpan RB) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Analisis Jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK).

"Penyampaian penyusunan Anjab dan ABK yang rill, rasional dan sistematis ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui sistem aplikasi elektronik," ujarnya.

Ia juga menuturkan sistem SI-Jabpri juga merupakan persiapan dalam menentukan penyusunan Anjab dan ABK yang benar sesuai mekanisme sehingga para pegawai tidak dapat membuat dengan suatu analisa sendiri. Selain itu, kata Syamsuar, dengan aplikasi SI-JABPRI dapat menghemat anggaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) kurang lebih 1,2 miliar. "Ini contoh sederhana dari sistem (penyusunan Anjab dan ABK) yang kita buat bisa menghemat anggaran," pungkasnya.

Dia berharap melalui aplikasi ini dapat mempermudah kepala daerah yang kesulitan mendapatkan informasi jabatan yang up to date seperti perencanaan kebutuhan jabatan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dan (untuk mengetahui) jumlah pemangku jabatan dan jumlah kebutuhan jabatan yang tersedia," tuturnya. Turut mendampingi Gubernur Syamsuar yakni Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi, Karo Ortal Setdaprov Riau Kemal dan staf terkait. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww