Home > Berita > Umum

85 Pencari Suaka di Kepri Terjangkit Corona

85 Pencari Suaka di Kepri Terjangkit Corona

Petugas jaga di pintu masuk Hotel Bhadra, Bintan, Kepri untuk memastikan seluruh pencari suaka tidak keluyuran ke luar hotel/ANTARA

Kamis, 10 Juni 2021 07:15 WIB

BINTAN, POTRETNEWS.com — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, mengungkapkan jumlah pencari suaka positif covid-19 terus bertambah. Kini, 85 dari 400 pencari suaka di Hotel Bhadra Bintan terpapar covid-19.

"Awalnya hanya satu orang, kemudian meningkat menjadi 20-an orang, 57 orang, dan sekarang total jumlah pencari suaka yang tertular mencapai 85 orang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bintan Gama AF Isnaeni, di Bintan, Rabu, 9 Juni 2021, melansir Medcom.id.

Gama mengatakan penularan yang cepat dalam dua pekan terakhir disebabkan kontak erat. Pencari suaka ketika awal dikarantina masih berkerumun sehingga mudah tertular covid-19.

"Kami berharap para pencari suaka tidak berkerumun lagi sehingga tidak tertular atau menulari covid-19," kata Gama.

Selain itu, pihaknya tengah mengupayakan agar seluruh pencari suaka diberi vaksin covid-19. Vaksinasi ini sebagai bentuk perlindungan pemerintah terhadap pencari suaka di saat menghadapi pandemi covid-19.Namun, pemberian vaksin kepada para pencari suaka harus berdasarkan ketentuan yang berlaku. "Vaksinasi dapat kami berikan kepada pencari suaka jika diperbolehkan oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi," tutur Gama.

Pada akhir Mei 2021, sebanyak 40 dari hampir 400 orang pencari suaka yang tinggal di Hotel Bhadra, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), terkonfirmasi covid-19. Status mereka orang tanpa gejala (OTG). Namun sejak tiga hari lalu mereka dilarang ke luar hotel. "Kami sudah melayangkan surat kepada IOM (Organisasi Internasional untuk Migrasi) untuk menyediakan makanan untuk mereka sehingga tidak perlu ke luar hotel," ucap Gama, Jumat, 28 Mei 2021. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww