Home > Berita > Riau

Demi Mendongkrak Pariwisata, Bapemperda DPRD Riau ke Kemendagri Berkonsultasi Rencana Induk Kepariwisataan

Jum'at, 04 Juni 2021 19:22 WIB
Advertorial
demi-mendongkrak-pariwisata-bapemperda-dprd-riau-ke-kemendagri-berkonsultasi-rencana-indukSuasana pertemuan antara Bapemperda DPRD Riau dengan pihak Kemendagri.

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto bersama tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Riau melakukan audiensi ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Kedatangan wakil rakyat dari provinsi yang berjuluk Bumi Lancang Kuning tersebut diterima oleh Kasubdit Wil I Direktorat Produk Hukum Daerah Kemendagri RI, Slamet Endarto, di Ruang Rapat Otda V. Adapun maksud dari kunjungan Bapemperda Propinsi Riau adalah konsultasi mengenai Rencana Induk pembangunan kepariwisataan Provinsi Riau Tahun 2021-2030.

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi target bagi Bapemperda Riau untuk direalisasikan. Dengan mendongkrak pariwisata, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Riau serta mengangkat nilai-nilai kearifan lokal di wilayah tersebut.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/26082021/potretnewscom_xn2mx_2206.jpgKetua Bapemperda DPRD Riau Makmun Solihin.

Selain itu, sektor pariwisata memungkinkan untuk menambah nilai pendapatan asli daerah (PAD) provinsi Riau. Dengan bertambahnya PAD, maka pemerataan pembangunan akan semakin cepat dirasakan masyarakat Riau.

Hardianto mengungkapkan masih ada potensi pariwisata di Riau yang belum dikelola dengan baik sehingga belum maksimal terekspos ke publik. Oleh sebab itu, DPRD Provinsi Riau membuktikan keseriusannya dalam menyusun produk hukum ini agar mendapat manfaat ke Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat Riau, khususnya.

”Melalui perda ini diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah dalam kebangkitan pariwisata di Riau,” pungkas Hardianto. Pada pertemuan tersebut, pihak Kemendagri berpandangan bahwa pariwisata haruslah memiliki ikon yang mudah dikenal dan diingat oleh orang. Maka, ikon tersebut akan menjadi magnet yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sebagai contoh, Jakarta terkenal dengan gedung Monumen Nasional atau Monas yang menjulang tinggi, keeksotisan Bali yang terkenal dengan pulau-pulau indah dan keseniannya, Jogyakarta dengan Keraton dan museumnya dan masih banyak contoh lainnya.

Masyarakat Riau berharap kiranya pertemuan Bapemperda Riau dengan Kemendagri akan membuahkan hasil yang baik bagi pariwisata di Riau. Vivi, 40 tahun, mengaku antusias dengan niat baik Bapemperda yang ingin mendongkrak pariwisata di Riau.

”Harapan saya, semoga pariwisata di Riau ini membaik dan meningkat. Sebab, akan banyak sekali pihak yang merasakan manfaatnya, baik itu perhotelan, kuliner, jasa transportasi dan lainnya," ucapnya. (Adv)

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww