Bakti Sosial KMB Diupayakan Tepat Sasaran kepada yang Memerlukan

Bakti Sosial KMB Diupayakan Tepat Sasaran kepada yang Memerlukan

Andi Murthala, Ketua KMB usai bakti sosial dan buka puasa bersama, dengan salam jari "K" konotasi KMB, Sabtu (1/5/2021) malam.

Senin, 03 Mei 2021 03:15 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Menarik untuk disimak kegiatan berbagi "Masker dan Takjil" yang dilakukan oleh Komunitas Mobil Bengkalis (KMB) pada Sabtu, 19 Ramadhan 1442 Hijriyah bersamaan 1 Mei 2021.

Masker saat ini menjadi bagian yang selalu dibawa masyarakat kala beraktivitas di luar rumah kala pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang sejak Maret 2020 bertamu ke Indonesia, termasuk Bengkalis. Sedangkan, takjil adalah makanan dan minuman yang hadir di antara menu hidangan kala buka puasa telah tiba.

Kejelian komunitas ini dalam memberikan yang diperlukan masyarakat tentu akan memberi nilai lebih bagi penerima selain dari ungkapan "Tangan di Atas Lebih Baik dadi Tanga yang di Bawah" sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

"Kegiatan KMB berbagi takjil ini merupakan usulan kawan-kawan member KMB semua. Di masa pandemi Covid-19 ini kita prihatin terhadap keadaan masyarakat. Paling tidak dalam kegiatan kami ini dapat sedikit membantu bagi masyarakat untuk memberikan sedikit sagu hati," kata Kerja KMB, Andi Murthala kepada potretnews.com, Sabtu (1/5/2021) saat selesainya acara Buka Puasa Bersama.

Ditambahkan Andi Murthala bahwa dalam kegiatan bakti sosial ini,member tetap melakukan protokol kesehatan (Prokes) kalau membagikan 500 paket takjil dengan beberapa titik bagian yang berpusat di lapangan Tugu dan 5 kotak masker kepada masyarakat Sabtu semalam.

"Kita membagikan lebih kurang 500 takjil yang terdiri dari bubur kacang hijau, kue dan kurma kemudian sekitar 5 kotak masker secara gratis kepada masyarakat yang dilakukan oleh sekitar 20an member KMB dari 55 member secara keseluruhan yang tinggal di Bengkalis, Duri dan Pinggir. Member kita ada yang PNS, wiraswasta, kontraktor, ada pedagang atau wirausaha dan ada juga anggota kepolisian pokoknya member kita lengkap," terang Andi Murthala seraya menambahkan Insya Allah, setelah Idul Adha, KMB akan melaksanakan Anniversary Pertama.

"Insya Allah dalam anniversary yang pertama nanti kita merencanakan akan membagikan bakti sosial pembagian paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu atau mungkin kegiatan lain misalnya sunatan massal yang akan kita jadwalkan kembali sehingga keberadaan KMB di Kabupaten Bengkalis ini bisa membantu masyarakat di bidang sosial kemasyarakatan," tambahnya lagi.

Menjawab pertanyaan jurnalis media ini tentang kegiatan yang telah dilakukan komunitas ini, Andi Murthala menyebutkan sunatan massal di 3 tempat, yaitu di Yayasan Bengkalis Qur'an Center (Bequranic), di Desa Kuala Alam dan di Dusun Simpang Baru, Desa Teluk Latak.

"Kita juga ada memasang ucapan selamat datang di pantai Desa Prapat Tunggal, memberikan jam KMB ke masjid, juga bantuan kepada almarhum Yusri yang terkena penyakit kanker mata," jawab Andi Murthala di akhir wawancara.

Seorang member baru KMB yang ikut dalam kegiatan ini pula, mengatakan, "Di dalam KMB ini tidak memandang apakah dia pegawai, dia ini, semua sama. Saya melihat, di KMB ini semua elemen bisa bergabung, tidak huru-hara dan banyak bakti sosialnya. Ini lah alasan saya saya tertarik bergabung di sini. Kadang-kadang ada komunitas yang banyak hura-huranya namun di KMB selain silaturahmi, banyak teman, terus ada bakti sosialnya sebagaimana saya sebutkan di awal tadi," ungkap member baru KMB, Fadlan Fikri yang bekerja di Samsat Bengkalis ini.

Ada hal menarik lainnya saat jurnalis media ini ikut dalam acara Buka Puasa Bersama tadi, Nauval Muzaffar pelajar SDN 46 Bengkalis yang belum ada tinggal puasa terlihat setia ikut bapaknya. "Selalu ikut ayah, enak, ramai kawan. Saya tetap selalu mau ikut," kata Nauval Muzaffar dengan lugu yang juga turut menyerahkan takjil hari itu yang juga sholat Magrib berjamaah di Mushola Hang Tuah. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww