Home > Berita > Umum

Dosen Umri Ajarkan Cara Menanam Sayur Organik di Lahan Gambut

Selasa, 06 April 2021 09:22 WIB
Widya Paramitha
dosen-umri-ajarkan-cara-menanam-sayur-organik-di-lahan-gambutWirdati Irma, dosen Umri melakukan edukasi warga Desa Airterbit Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar untuk menanam sayur organik di lahan gambut/IST

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Wirdati Irma, seorang dosen di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dan sebagai Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Riau (PWA Riau) melakukan pendampingan petani untuk pengelolaan lahan ramah gambut. Hal ini dilakukannya dalam rangka turut andil mengurangi degradasi lahan gambut yang semakin marak akhir-akhir ini.

Menurut Irma, pelajaran dalam menggunakan metode pembenah tanah yang telah didapatkan para petani dari sekolah lapang lahan gambut merupakan salah satu upaya pengelolaan hutan gambut yang arif dan bijaksana.

Proses penanaman dengan menggunakan pembenah tanah berbahan organik yang dilakukan oleh Jama’ah Tani Muhammadiyah (Jatam) Kartini Raya di Desa Airterbit Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sebagai upaya mengurangi penggunaan bahan kimia yang dapat merusak ekosistem tanah gambut.

Cara ini dianggap mampu meminimalisir kerusakan lahan gambut akibat zat-zat kimia yang selama ini digunakan dalam pertanian dan perkebunan. Masyarakat perlu diberi edukasi mengenai pengolahan lahan ramah gambut, mengingat Riau mempunyai hutan gambut cukup luas. Menurut data BRGM luas lahan gambut di Riau kurang lebih sekitar empat juta hektar.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang entah kapan berakhir, ibu-ibu sangat kebingungan dengan pemenuhan kebutuhan pangannya, oleh karenanya bertani tanaman sayur di lahan gambut membuat kecemasan ini sedikit terobati. Sayur yang diusahakan dari lahan gambut dapat memenuhi kebutuhan sayur yang diperlukan setiap hari pada anggota keluarga. ***

Kategori : Umum
wwwwww