Ada Pembukaan Kebun secara Ilegal, Ratusan Hektar Lahan di Cagar Biosfer Giam Siakkecil Bengkalis Hangus setelah Satu Pekan Terbakar

Ada Pembukaan Kebun secara Ilegal, Ratusan Hektar Lahan di Cagar Biosfer Giam Siakkecil Bengkalis Hangus setelah Satu Pekan Terbakar

Pemadaman di lahan Giam Siakkecil Bengkalis/LIPUTAN6.com

Kamis, 04 Maret 2021 03:20 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Ratusan hektare lahan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, berubah menjadi abu. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sana sudah berlangsung satu pekan karena pembukaan kebun secara ilegal. Cagar Biosfer merupakan kawasan paru-paru dunia yang sudah diakui United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Kawasan ini juga menjadi habitat satwa langka dilindungi, seperti harimau sumatra. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono sudah ke lokasi membantu pemadaman. Dia bersama sejumlah pegawai dibantu Manggala Agni untuk menjinakkan kebakaran lahan gambut itu. "Untuk sampai ke lokasi kami naik sepeda motor menembus semak-semak, jarak tempuh 5 kilometer," kata Suharyono, Rabu siang, 3 Maret 2021, melansir liputan6.com.

Suharyono belum memastikan luasan karhuta di Cagar Biosfer. Dia menyebut masih fokus mendinginkan sejumlah lokasi dan memadamkan satu titik api. "Pendataan luasan terbakar belum pasti, tapi diperkirakan 100 hektare lebih karena sifatnya sporadis," ucap Suharyono.

Suharyono menyatakan karhutla ini bukan faktor alam. Namun disebabkan ulah manusia karena tak jauh dari lokasi pemadaman ada aktivitas manusia membuka lahan secara ilegal.

"Sekitar 1,5 kilometer dari titik saya berdiri ini ada aktivitas, membakar lahan sehingga apinya merembet ke sini," kata Suharyono.

Suharyono menyatakan lokasi karhutla berada di kawasan Giam Siak Kecil yang merupakan zona inti dari Cagar Biosfer. Daerah ini didominasi gambut dan kondisinya kering karena musim kemarau.

"Gambutnya dalam sehingga sulit memadamkan api," kata Suharyono. Suharyono berharap pemadaman tidak hanya dilakukan melalui darat. Dia ingin ada pemadaman dari udara atau water bombing karena ada beberapa titik di lokasi yang sulit ditempuh via darat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Bengkalis
wwwwww