Home > Berita > Riau

Riau Siaga Karhutla, Helikopter BNPB belum Tiba

Riau Siaga Karhutla, Helikopter BNPB belum Tiba

Gambar hanya ilustrasi, tidak terkait dengan berita/INTERNET

Rabu, 03 Maret 2021 12:05 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pada 15 Februari 2021, Gubernur Riau Syamsuar menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berlaku hingga 31 Oktober 2021. Upaya itu sebagai antisipasi dini untuk mengatasi karhutla.

Menurut Syamsuar, saat ini satgas karhutla melalukan patroli udara menggunakan helikopter milik Kementerian LHK dan TNI AU, karena 11 heli dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum tiba di Riau. ”Helikopter bantuan BNPB belum datang, sekarang ini hanya pakai heli KLHK dan TNI AU untuk patroli,” kata Gubernur Riau Syamsuar kepada potretnews.com, Rabu (3/3/2021).

Ketika ditanya kapan helikopter bantua dari BNPB tersebut datang, Syamsuar mengatakan akan mempertanyakan hal itu dalam rapat bersama dengan BNPB yang rencananya digelar sore ini.

Secara terpisah, Pelaksaana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Hadi Penandio dalam keterangannya juga menyampaikan hal yang sama bahwa helikopter water bombing (WB) dari BNPB masih dalam proses.

”Masih dalam proses, yang standby baru helikopter dari KLHK, bantuan dari BNPB sedang diusahakan secepatnya supaya bisa dukung Satgas udara di Riau,” tandas Hadi. ***

Kategori : Riau, Lingkungan
wwwwww