Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel si Penerima Bung Hatta Award Di-OTT KPK

Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel si Penerima Bung Hatta Award Di-OTT KPK

Nurdin Abdullah

Sabtu, 27 Februari 2021 07:30 WIB

SULAWESI SELATAN, POTRETNEWS.com — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah dijerat operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Ia diamankan di rumah dinasnya pada Sabtu (27/2) pukul 01.00 WIB.

Nurdin diamankan diduga bersama 8 orang Diduga terkait dengan pengerjaan proyek. Nurdin merupakan politikus dari PDIP. Sebelum menjabat sebagai Gubernur Sulsel, ia sempat menjabat sebagai Bupati Bantaeng selama 2 periode mulai 2008 hingga 2018.

Pada saat itulah, sejumlah prestasi ia torehkan. 6 Tahun awal ia memimpin, Bantaeng menyabet lebih dari 50 penghargaan tingkat nasional, termasuk 4 kali berturut-turut piala Adipura yang sebelumnya tidak pernah didapatkan. Selain itu, 3 tahun berturut-turut meraih Otonomi Award dan berhasil memenangkan Innovative Government Award (IGA) tahun 2013 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri.

Sementara terkait sosoknya secara pribadi, ia sempat mendapatkan penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award karena prestasinya membangun daerah pada 2017 lalu. Di laman Bung Hatta Award, disebutkan bahwa ia telah membawa gebrakan pembangunan di Bantaeng.

"Selama dua periode memimpin Bantaeng, Nurdin Abdullah telah banyak membuat gebrakan dalam pembangunan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan ini," tulis Bung Hatta Award di lamannya, melansir kumparan.com.

"Berbagai perbaikan pelayanan publik dan pertumbuhan ekonomi di Bantaeng terjadi berkat berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan Nurdin sejak awal menjabat," sambung pernyataan itu.

Dalam laman tersebut, juga disebutkan bahwa sejak 2015, sudah sekitar 200 pemerintah kabupaten dan provinsi dari seluruh Indonesia yang belajar langsung ke Bantaeng mengenai peningkatan pelayanan publik dan terobosan dalam reformasi birokrasi. Namun demikian, Nurdin terjerat OTT oleh KPK. Kabar itu dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, tetapi ia belum merinci identitas siapa saja yang dibawa ke Gedung Merah Putih KPK.

"Betul, hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 tengah malam, KPK melakukan giat melakukan tangkap tangan pelaku korupsi di wilayah Sulsel. Kami masih bekerja belum dapat memberikan penjelasan detail siapa saja dan dalam kasus apa, nanti pada saat, kami KPK pasti menyampaikan kepada publik," ucapnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww