Home > Berita > Riau

Saat Syamsuar si Orang Nomor Satu di Riau Digelari Gubernur Sawit

Saat Syamsuar si Orang Nomor Satu di Riau Digelari Gubernur Sawit

Gubernur Riau Syamsuar.

Kamis, 25 Februari 2021 07:20 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Beberapa tahun lalu Syamsuar digelari warga Kabupaten Siak sebagai ”Bupati Zakat” lantaran di masa kepemimpinannya daerah itu berhasil memiliki peraturan daerah (perda) pengelolaan zakat. Kini, ”gelar” yang ditabalkan ke dirinya, bertambah lagi yaitu ”Gubernur Sawit”.

”Karena Provinsi Riau sebagai lahan terluas dari segi petani sawitnya, maka untuk Riau harus menjadi yang pertama menjalankan program santripreuner ini. Jadi kami juga menyebut Gubernur Riau sebagai Gubernur Sawit,” ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gulat Medali Emas Manurung, Rabu (24/2/2021).

Gelar itu disematkan Gulat tatkala memberi sambutan pada sebuah workshop tentang sawit di salah satu hotel di Pekanbaru. Workshop itu mengangkat tema ”Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Pondok Pesantren di Perkebunan Sawit Melalui Kegiatan Pembibitan Guna Mendukung Program Peremajaan Sawit Rakyat dan Santripreneur”.

Terlihat hadir di acara itu antara lain; Staf Khusus Wapres RI Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Muhammad Imam Aziz, Asisten II Wapres RI Tri Candra, Gubernur Riau Syamsuar, dan Ketua DPP Santri Tani Nahdlatul Ulama Rusli Ahmad, Ketua DPW Apkasindo Riau, dan Ketua Himpunan Alumni Pesantren Riau Tohir. Secara virtual kegiatan ini juga dihadiri oleh Dewan Pembina DPP Apkasindo, Moeldoko yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP).

Gulat mengatakan bahwa Program Pengembangan Potensi Santripreneur Berbasis UKMK Sawit ini merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi daerah yang telah diresmikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin, pada 1 Oktober 2020 lalu.

”Program ini sebenarnya sudah di-launching pada bulan Oktober 2020 lalu dan diresmikan oleh Bapak Wapres Kyai Haji Ma’ruf Amin bersama Bapak Syamsuar sebagai Gubernur Riau sekaligus menjadi narasumber ketika launching itu,” katanya.

Mengenai alasan mengapa Gubernur Riau yang menjadi narasumber saat peluncuran program tersebut, menurut Gulat karena Provinsi Riau menjadi pilot project dari program ini. Gulat menyebut, program santri sawit ini dihadirkan untuk mendukung program Gubernur Riau sekaligus sebagai bentuk penghargaan dari Apkasindo se-Indonesia kepada Syamsuar yang sudah dua tahun menjabat gubernur. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww