Peringatan Hari Jadi ke-71, Momentum Menuju Kabupaten Kampar Lebih Maju

Peringatan Hari Jadi ke-71, Momentum Menuju Kabupaten Kampar Lebih Maju

Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST membuka Rapat Paripurna DPRD Kampar Peringatan Hari Jadi ke-71, di Bangkinang, Sabtu (6/2/2021)

Kamis, 11 Februari 2021 17:08 WIB
Galeri Foto

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Ada yang berbeda pada Peringatan Hari Jadi (HUT) ke-71 Kabupaten Kampar Provinsi Riau dari tahun-tahun sebelumnya. Guna menerapkan protokoler kesehatan (prokes), Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda HUT sebut, juga dilakukan secara virtual.

Dekorasi dan tamu undangan pun dibatasi. Para camat dan kepala desa mengikuti rapat paripurna secara virtual. Paripurna DPRD Kampar Peringatan Hari Jadi ke-71 tahun 2021 digelar di gedung DPRD setempat di Bangkinang, Sabtu (6/2/2021) dan dipimpin langsung Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02032021/potretnewscom_smjrk_2084.jpgPara Anggota DPRD Kabupaten Kampar dan undangan bersiap mengikuti Paripurna DPRD Kampar Peringatan Hari Jadi ke-71 tahun 2021 yang digelar di gedung DPRD setempat di Bangkinang, Sabtu (6/2/2021) dan dipimpin langsung Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST.

Dalam sambutannya di awal paripurna, Faisal mengemukakan, karena pandemi Covid-19 maka pelaksanaan peripurna HUT tahun ini berlangsung secara terbatas dan dilakukan secara virtual guna meminalisir penyebaran virus corona. Faisal mengajak masyarakat mengambil hikmah dan menjadikan pandemi sebagai media introspeksi kita bersama untuk selalu melakukan hidup bersih. Dalam kesempatan yang sama, dia menyebut Peringatan HUT ke-71 Kampar untuk mengenang para penggagas dan pendiri sekaligus sebagai momentum dan sumber informasi menuju Kampar lebih maju.

Dia menyatakan tema HUT Basamo Mambolo Nagoghi, menjadi tekad bersama untuk bisa maju di segala bidang. Dia menyebut, selama 71 tahun telah banyak capaian diraih dan melahirkan tatanan baru di Kabupaten Kampar. Oleh karena itu, Faisal mengajak masyarakat untuk bergerak cepat guna mencapai tujuan bersama. ”Mari kita warisi semangat para terdahulu, menjadi masyarakat kreatif membangun Kampar lebih maju,” katanya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02032021/potretnewscom_6268f_2086.jpgPara Anggota DPRD Kabupaten Kampar dan undangan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_skq2v_2096.jpgPara undangan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_javhj_2097.jpgPara undangan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_9bp9q_2100.jpgPara undangan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_knzpx_2093.jpgPara Anggota DPRD Kabupaten Kampar serius mengikuti rapat paripurna dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

Pada bagian lain sambutannya, dia mengingatkan, agar masyarakat Kampar tidak menjadi penonton di negeri sendiri. Kemudian, Faisal juga menyatakan bahwa DPRD Kampar selalu menjalankan tugas yang telah diamanahkan rakyat. ”Mudah-mudahan Hari Jadi ke-71 Kabupaten tahun ini bisa menjadi titik tolak melakukan perubahan perubahan yg lebih besar,” tandasnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02032021/potretnewscom_ewkrv_2088.jpgBupati Kampat Catur Sugeng Susanto menyampaikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

Sementara, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH di awal sambutannya di paripurna mengulas falsafah Basamo Mambolo Nagoghi. Menurut dia, tiga suku kata ini mengandung makna cukup luas; bersama merawat negeri. Catur menyebut, saat ini kita dihadapkan dengan kondisi yang cukup berat dalam membangun. Untuk itu, dia mengajak masyarakat bersama-sama membangun Kabupaten Kampar lebih baik dan maju. Menurut dia, tema HUT Basamo Mambolo Nagoghi merupakan kelanjutan dari tema dari Tali Bapilin Tigo Menuju Kampar Lebih Sejahtera. Peringatan Hari Jadi Kampar tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya karena pandemi Covid-19.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02032021/potretnewscom_mwmuc_2089.jpgWakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menyampaikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

Catur juga menguraikan capaian yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar. Di bidang kesehatan, misalnya. Telah dilakukan pengadaan mobil ambulans untuk desa dengan jumlah sebanyak 140 unit ditambah 8 ambulan air. Selanjutnya, imbuh Catur, untuk penanganan Covid-19 Pemkab Kampar alokasikan anggaran sebesar Rp18,6 miliar dalam rangkah memutus dan mencegah penyebaran Covid-19. Program penanganan stunting dikalim Catur juga sangat menggembirakan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_sh5sk_2090.jpgSekretaris DPRD Kabupaten Kampar Ramlah menyampaikan laporan terkait kahadiran anggota dewan dalam Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

Kemudian bidang pariwisata, disebut Catur tetap mencapai target dan masuk tiga besar dalam ajang pesona indonesia (air terjun batu nilam pangkalan kapas). Lalu, bidang keuangan mendapat predikat WTP dan tanpa ada gagal bayar. Selain itu, menurut bupati ada kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri Kampar terkait pengamanan aset daerah (mengembalikan aset berupa kendaraan dan tanah, red).

Selanjutnya bidang infrastruktur, disebut Catur terus digesa agar tidak ada lagi wilayah di Kampar yang tidak tersentuh. Dia mengklaim Pemkab Kampar terus bekerja keras membangun pemerataan pembangunan di kampar, sehingga dapat diakses menggunakan jalan darat. Sedangkan di bidang perumahan dan pemukiman, menurut bupati pihaknya telah mengalokasikan anggaran bersumber dari APBD untuk bedah rumah sebanyak 362 unit, APBN 67 unit, BSPS 1425 unit.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_tszf6_2094.jpgBupati Kampat Catur Sugeng Susanto memotong tumpeng usai Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_zzhjh_2092.jpgBupati Kampat Catur Sugeng Susanto menyerahkan potongan tumpeng kepada Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution beberapa saat setelah selesainya Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_dgdvg_2091.jpgBupati Kampat Catur Sugeng Susanto menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Kampar Faisal beberapa saat setelah selesainya Rapat Paripurna DPRD Kampar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar.

”Selaku kepala daerah kami menyadari banyak kelemahan dan kekurangan, kami mengharapkan masukan, saran dan kritik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat direalisasikan. Bupati Kampar mengharapkan agar semua lapisan masyarakat dapat mendukung visi dan misi Kabupaten Kampar,” ucapnya.

Masih dalam paripurna yang sama, Gubernur Riau yang berhalangan hadir mengutus Wakil Gubernur Edy Natar Nasution. Di awal sambutannya, Edy memuji Kabupaten Kampar yang dari tahun ke tahun semakin maju dan bermarwah.

Gubernur berpandangan, pengambil kebijakan di Kabupaten Kampar perlu mengelola semua potensi dan kekuatan yang ada untuk memacu pembangunan di segala bidang sehingga berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03032021/potretnewscom_mx5gv_2099.jpgPara undangan serius mengikuti paripurna Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kampar dari awal hingga selesai.

”Makna yang terkandung ungkapan Basamo Mambolo Nagoghi mengingatkan kita kepada semangat terdahulu dalam membentuk Kabupaten Kampar. Semoga Kampar dapat maju dan berkembang pada masa ke depan. Peran setral komponen masyarakat harus menjadi pilar utama. Mari bersama-sama dan bersungguh-sungguh dalam membangun Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau,” pungkas Edy Natar.

Paripurna Peringatan HUT ke-71 Kampar turut dihadiri Anggota DPR RI Dapil Riau, Anggota DPD RI Riau, Ketua DPRD Riau, para Wakil Ketua DPRD Kampar masing-masing; Tony Hidayat, Repol SAg, dan Fahmil. Kemdian, ninik mamak, tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan ormas, OKP, dan unsur lainnya. ***

Narasi:
Redaksi ”potretnews.com”

Kategori : Kampar, Pemerintahan
wwwwww