Home > Berita > Siak

Hampir Pasti Terpilih Lagi di Pilkada Siak, saat Kecil Alfedri Pernah Berkeingian Menjadi Tukang Listrik untuk Menolong Orang

Hampir Pasti Terpilih Lagi di Pilkada Siak, saat Kecil Alfedri Pernah Berkeingian Menjadi Tukang Listrik untuk Menolong Orang

Alfedri dan Rasidah/INTERNET

Minggu, 13 Desember 2020 15:28 WIB
Gusti Herniyah

SIAK, POTRETNEWS.com — Melihat hasil hitung cepat dengan perolehan suara yang signifikan jauh meninggalkan kandidat lain, hampir dipastikan Alfedri (bersama Husni Merza) bakal ditetapkan menjadi Bupati Siak, Riau, untuk lima tahun ke depan.

Itu artinya, suami dari Rasidah itu kembali menduduki kursi bupati di daerah yang sama untuk periode kedua. Sebelum memilih menjadi politikus, Alfedri adalah seorang birokrat.

Dia resmi menjabat sebagai Bupati Siak pada 18 Maret 2019 lalu. Sebelumnya Alfedri menjabat sebagai wakil bupati. Setelah mantan Bupati Siak, Syamsuar dilantik menjadi Gubernur Riau oleh Presiden Jokowi, Alfedri pun ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Siak.

Kehidupan di masa kecil Alfedri dahulu serba kekurangan ekonomi. Mimpi Alfedri kecil ingin menjadi tukang listrik untuk menolong warga yang tidak ada aliran listrik. Oleh karena itu ia sekolah di STM. Alfedri muda sangat tekun belajar dan selalu membawa bukunya saat bermain dengan temannya, saat ke sawah, menjala ikan buku selalu dibawa dan tidak pernah tinggal.

Dinukil potretnews.com dari berbagai sumber, Alfedri dilahirkan di Rokan, Riau pada 27 Maret 1967. Ayah dari seorang putri bernama Zahratul Ahya ini tercatat menamatkan sekolah dasar di kampungnya. Kemudian dia melanjutkan ke SMP Negeri 4 Pekanbaru (tamat 1985) dan menyelesaikan lanjutan atas di SMA Negeri 1 Pekanbaru tahun 1989.

Setelah itu, dia lulus Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) dan menimba ilmu di sana pada 1993-1995. Sedangkan jenjang strata dua (S-2) diselesaikan di Universitas Riau (2003-2005).

Kiprah Alfedri di pemerintahan lumayan panjang. Di awal pengabdiannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS), dia ditugaskan di Sungaiapit. Dari sana kariernya mulai moncer. Misalnya saja, dia pernah dipercaya menjabat Pjs Kaur Kemasyarakatan Setwilcam Sungaiapit, Kepala Seksi PMD Setwilcam Sungaiapit, dan pernah pula menjabat Kepala Sekolah Korpri (1998).

Selanjutnya menduduki kursi Sekretaris Kecamatan Minas, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Minas, Kabag Pemerintahan Daerah Setdakab Siak, Kabag Penyusunan Program Setdakan Siak, Camat Minas, Camat Tualang, Kabag Keuangan Setdakab Siak, dan Kepala DPPKAD Kabupaten Siak (2011).

Singkat cerita sampai akhirnya, sejak tahun 2011 Alfedri dua kali menjadi wakil Syamsuar di Pemerintahan Kabupaten Siak. Hingga saat ini Alfedri dipercaya oleh masyarakat Siak untuk memimpin kembali dan menjadi figur baru yang matang untuk menjadikan Siak sebagai daerah yang maju dan sejahtera. ***

Kategori : Siak, Politik
wwwwww