Home > Berita > Riau

19 Ormas dan OKP di Riau Deklarasikan Antipolitik Uang Jelang Pilkada 2020

19 Ormas dan OKP di Riau Deklarasikan Antipolitik Uang Jelang Pilkada 2020

Suasana Deklarasikan Antipolitik Uang jelang Pilkada 2020 yang digelar Bawaslu Riau di Pelalawan/ISTIMEWA.

Sabtu, 21 November 2020 21:11 WIB
Anggi Dwi Safitri

PELALAWAN, POTRETNEWS.com — Tanpa terasa, jadwal pemungutan dan penghitungan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 tinggal 18 (delapan belas) hari lagi. Suhu politik terasa semakin memanas, angka pelanggaran semakin meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Ini menjadi dasar munculnya semangat bersama 19 Organisasi masyarakat dalam mendeklarasikan Gerakan Anti-Money Politic. Deklarasi dibacakan dan ditandatangani di depan Ketua Bawaslu Riau, wakapolda dan forkopimda.

Deklarasi ini menandai meningkatnya partisipasi masyarakat terhadap Pengawasan Pilkada di Riau. Deklarasi Masyarakat Peduli Pemilu Anti-Money Politic Provinsi Riau dilaksanakan di Balai Seminai Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan berharap dengan deklarasi ini Partisipasi masyarakat meningkat dengan bersama-sama menolak money politic (politik uang) dan bersama sama ikut mengawal proses pilkada serentak di Riau.

Usai Deklarasi seluruh organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan bersama-sama menandatangani pernyataan yang berisikan Tolak dan Lawan Money Politic, ikut mengawal pilkada 9 kabupaten/kota di Provinsi Riau, tidak membenarkan money politic sebagai sarana meraih simpati pemilih, mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas, mendukung kegiatan pengawasan dan penanganan pelanggaran serta menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan atau aktivitas dalam bentuk apa pun yang dapat mengganggu proses pemilihan kepala daerah.

Organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang melaksanakan deklarasi yaitu; Lembaga Adat Melayu Riau, Pemuda Muhammadiyah Riau, GP Ansor Riau, Badko HMI Riau, KNPI Riau, Pemuda Pancasila, Koordinator Wilayah 13 GMKI, IMM Riau, Pagar Nusa Riau, PSHT Riau, Koordinator BEM se-Riau, PKC PMII Riau Kepri, KAMMI Riau, PWI Riau, FKDM Riau, BMRB Riau, FPK Riau, GMNI Riau, dan PMKRI.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan menyampaikan, deklarasi ini bukan hanya seremonial. Semua yang telah mendeklarasikan anti-money politic diharapkan benar-benar bisa menolak money politic dan mengajak masyarakat untuk ikut menolak politik uang ini agar pilkada yang bermarwah dapat terwujud di Provinsi Riau.

”Saya yakin dengan semangat bersama untuk menolak money politic oleh seluruh masyarakat, cita-cita kita untuk mewujudkan pemilu yang berkulitas dan berintegritas dengan harapan baru Zero Money Politic,” pungkasnya. *1

Kategori : Riau, Politik
wwwwww