827 Surat Suara untuk Pilkada Kepuluan Meranti Rusak

827 Surat Suara untuk Pilkada Kepuluan Meranti Rusak

Suasana penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kepulauan Meranti.

Jum'at, 20 November 2020 09:25 WIB
Rachdinal
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebanyak 827 surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, tahun 2020 ditemukan rusak setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan penyortiran dan pelipatan (sorlip) selama dua hari.
Kegiatan sorlip surat suara dilaksanakan di Kantor KPU Meranti, sejak Senin (16/11) dan selesai pada Rabu (18/11). Komisioner KPU Meranti Hanafi menyebut, sebanyak 827 lembar telah ditemukan dalam keadaan rusak.

”Ada juga yang robek, namun kebanyakan yang rusak karena ada bercak atau noda tinta, kemungkinan pada saat percetakan tinta tersebut merembes ke surat suara lain” kata Hanafi kepada potretnews.com, Jumat (20/11/2020).

Disebutkan, ratusan lembar surat suara yang rusak tersebut selanjutnya akan diamankan dan dilakukan pemusnahan. ”Surat suara yang rusak akan dimusnahkan satu hari sebelum pencoblosan. Kalau untuk meminta pergantian surat suara yang rusak belum ada rencana, karena sebelumnya surat suara cadangan disiapkan,” ucap pria yang akrab disapa Awang.

Hanafi mengemukakan, surat suara dicetak berdasarkan jumlah DPT yang telah ditetapkan yakni sebanyak 139.524 lembar ditambah 2,5% dan pemungutan suara ulang (PSU) dengan total 144.892 lembar.

Sorlip kedepankan Protokol Kesehatan Covid-19
Pada bagian lain Komisioner KPU Meranti, Bidang Parmas dan SDM, Hanafi mengatakan, pihaknya membatasi jumlah tenaga sorlip sebagaimana arahan dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Meranti.

”Sesuai dengan ketentuan, KPU Meranti hanya memberdayakan 26 orang tenaga sorlip ditambah beberapa petugas dari kepolisian yang mengawasi proses tersebut. Hanya 50 persen saja, sesuai dengan kapasitas ruangan KPU Kepulauan Meranti,” sebut Hanafi kepada potretnews.com.

Selain pembatasan jumlah tenaga sorlip, KPU Meranti juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di lokasi kegiatan. ”Selama sorlip wajib mengenakan masker. Sebelumnya dicek suhu tubuh, cuci tangan, dan wajib membawa hand sanitizer. Mereka juga sebelumnya telah di-rapid test,” ujarnya. ***

Kategori : Meranti, Politik
wwwwww