Home > Berita > Riau

DPRD Riau Gelar Paripurna, Umumkan Yulisman sebagai PAW Ketua Dewan

Senin, 16 November 2020 20:17 WIB
Rachdinal
dprd-riau-gelar-paripurna-umumkan-yulisman-sebagai-paw-ketua-dewanWakil Ketua DPRD Riau Hardianto (kanan) memimpin paripurna pengumuman PAW ketua dewan dari Fraksi Partai Golkar yang turut dihadiri Wakil Gubernur Edy Natar/ISTIMEWA.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Dewan, Hardianto pada Senin (16/11/2020).

Paripurna ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tidak banyak mengundang tamu dan tempat duduk tamu pun berjarak lebih dari 1 meter. Kemudian, sebagian anggota dewan ada yang mengikuti jalannya rapat melalui mekanisme virtual atau dalam jaringan (daring).

Dalam sidang tersebut, Hardianto mengumumkan Yulisman sebagai Pengganti Antarwaktu (PAW) Ketua DPRD Riau untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Indra Gunawan Eet lantaran memilih mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkalis, Desember tahun ini.

Hardianto menjelaskan, sesuai dengan tata tertib DPRD Provinsi Riau Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 56 ayat (1) huruf A, alat kelengkapan DPRD terdiri atas pimpinan DPRD, sementara ayat (6) berbunyi; dalam hal terjadinya penggantian anggota alat kelengkapan DPRD sebagai dimaksudkan ayat (2), ditetapkan oleh DPRD dalam Rapat Paripurna.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/29112020/potretnewscom_crctk_2010.jpgSebagian anggota dewan yang hadir menyanyikan Lagu Kebangsaan Indoensia Raya/ISTIMEWA

Pengumuman Yulisman sebagai PAW Ketua DPRD Riau menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) DPP Golkar Nomor B-74/DPD/GOLKAR-R/XI/2020. Dalam surat itu, Golkar merestui Yulisman menggantikan Indra Gunawan sebagai Ketua DPRD Riau.

Dalam surat DPP tertanggal 11 November 2020, pucuk pimpinan partai berlambang pohon beringin mengusulkan pengangkatan Yulisman sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau dengan sisa masa jabatan 2019—2024 dari Fraksi Partai Golkar.

Setelah mengumumkan pengganti Indra Gunawan, Hardianto sebagai pimpinan sidang meminta Sekretaris DPRD Riau, Muflihun untuk menindaklanjuti proses pengajuan tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Berkenaan dengan itu, diminta kepada Sekretaris Dewan menindaklanjutinya, waktu kita di sini hanya tiga hari untuk proses usulan ke atas,” kata Hardianto yang merupakan wakil ketua dewan dari Fraksi Partai Gerindra.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/29112020/potretnewscom_zrjwr_2011.jpgSekretaris DPRD Provinsi Riau Muflihun/ISTIMEWA

Selanjutnya, Muflihun menyampaikan kepada Hardianto bahwa pihaknya akan menindaklanjuti pengajuan usulan tersebut ke Kemendagri. Hardianto menambahkan, proses ini menelan waktu hampir satu pekan, sesudah SK diserahkan ke Kemendagri. Setelah SK diterbitkan Kemendagri, maka segera dilakukan pelantikan.

Sementara itu, Muflihun ketika ditanya jadwal pelantikan PAW Ketua DPRD Riau apakah bersamaan dengan PAW lainnya, belum bisa memastikan. ”Kita lihat nanti apakah dilantik bersamaan atau tidak,” pungkas pria yang akrab disapa Uun ini. ***
Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww