Home > Berita > Umum

Siswa SMK di Lombok Menikah Dini dengan 2 Gadis Sekaligus dalam Waktu Kurang dari 1 Bulan, Ibunya Kaget dan Pingsan

Siswa SMK di Lombok Menikah Dini dengan 2 Gadis Sekaligus dalam Waktu Kurang dari 1 Bulan, Ibunya Kaget dan Pingsan

Istri pertama Ahmad Riza, Fitriani (kanan) dan istri keduaya Mariani (kiri)/KUMPARAN.com

Jum'at, 16 Oktober 2020 19:26 WIB

LOMBOK, POTRETNEWS.com — Pernikahan dini siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gerung Lombok Barat, Ahmad Rizal (20) menghebohkan jagat maya.

Pelajar itu menikahi dua siswi dari dua sekolah yang berbeda. Dua pernikahan itu rentang waktunya kurang dari sebulan. Mereka menikah secara adat atau siri.

Rizal, sapaan akrabnya, menikah dengan istri pertama bernama Fitriani asal Desa Buk-Buk, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, pada Kamis 17 September 2020. Sedangkan istri keduanya, Mariani, dinikahinya pada hari yang berbeda, yakni Senin, 12 Oktober 2020.

Ayahanda Rizal, Ayuni (37), saat ditemui di kediamannya di Dusun Sayong Batu Bangke, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Rabu (14/10), mengaku kaget ketika anaknya sulungnya itu memutuskan menikah saat masih duduk di bangku sekolah.

”Iya kaget. Karena kan dia masih sekolah. Kan sebentar lagi dia mau ujian nasional," katanya, melansir kumparan.com.

Pernikahan Rizal dengan istri pertamanya itu atas dasar kemauan sendiri. Rizal menggunakan adat Suku Sasak yang namanya merari. Merari ini adalah membawa perempuan ke rumah calon mempelai laki-laki.

Setelah dibawa ke rumah Rizal, kemudian orang tua Rizal berkunjung ke rumah orang tua perempuan dan mereka kemudian langsung membahas soal pernikahan.

Belum juga genap sebulan usai menikah dengan Fitriani, pada 10 Oktober, keluarga Marianidatang ke rumah Rizal. Mariani minta dinikahi Rizal.

Menurut Ayuni, jika pihak keluarga perempuan datang ke rumah keluarga laki-laki dan minta dinikahi, maka tidak bisa ditolak. ”Waktu itu mereka (keluarga Mariani) datang bertiga minta dinikahi. Mau tidak mau kita nikahkan. Karena Mariani ini sudah pacaran dengan Rizal selama tiga tahun," kata ayah tiga anak itu.

Fitriani merupakan siswi kelas 2 di salah satu SMAN di Kecamatan Lingsar. Sedangkan Mariani, istri kedua Rizal, juga duduk di bangku kelas 2 di Madrasah Aliyah Darul Qur'an di Desa Telage Lebur, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat.

Rizal mempersunting Fitriani dengan maskawin Rp 2,5 juta. Sedangkan uang pisuka (penyerahan menurut adat Suku Sasak) yang diberikan ke keluarga Fitriani sebesar Rp 6 juta.

”Jadi total uang yang saya keluarkan sekitar Rp 8,5 juta," kata Ayuni. Maskawin yang diberikan kepada istri kedua anak sulungnya itu sebesar Rp 1 juta.

”"Tapi pihak keluarga Mariani minta pisuka sebesar Rp7 juta. Kita belum punya uang, jadi belum selesai urusan dengan keluarga Mariani,” cerita Ayuni.

Ia pun mengaku pasrah dengan takdir yang diterima anaknya itu. Bagaimana tidak, selama menikahi dua gadis itu, biaya yang dikeluarkan keluarganya mencapai Rp50 juta.

Salah satu keinginan Ayuni, ingin melihat Rizal tetap bisa melanjutkan pendidikannya. Kendati menikahi dua gadis, Ayuni sanggup membiayai Rizal jika ingin tetap melanjutkan sekolahnya.

”Saya ingin anak saya ini tetap bisa sekolah. Saya sanggup biayai sampai bangku kuliah. Masalah biaya kehidupan Rizal saya sanggup. Saya juga sanggup biayai kedua istrinya," kata Ayuni.

Ayuni juga minta Rizal agar menjadi laki-laki yang bertanggung jawab.

Ibunda Rizal Pingsan
Ibunda Rizal, Nurminah (35), sempat tak sadarkan diri saat anaknya itu menikah dengan dua perempuan dalam kurun waktu kurang dari sebulan.

Menurut Nurminah, dia hanya tahu Rizal itu menjalin kasih dengan Mariani. Dia tidak tahu anaknya juga menjalin kasih dengan perempuan lain, yaitu Fitriana.

Saya tak kuasa dan sempat pingsan. Bagaimana tidak pingsan, anak saya masih sekolah dan bawa istri dua sekaligus. "Iya anak saya sudah lama pacaran dengan Mariani, sekitar tiga tahun," lanjut Nurminah.

Nurminah mengatakan awalnya sempat heran saat Rizal membawa Fitriani dan meminta nikah. Padahal, Rizal menjalin kasih dengan Mariani. Nurminah juga menegaskan, pernikahan ini terjadi bukan karena persoalan hamil di luar nikah.

Nurminah berharap agar anaknya tak putus sekolah meski sudah menikah. Bagaimanapun caranya, kata dia, anaknya harus melanjutkan pendidikannya bahkan sampai bangku kuliah.

”Bagaimanapun harus tetap sekolah. Mudah-mudahan saja pihak sekolahnya memberikan kelonggaran agar anak saya tetap bisa sekolah. Walaupun sudah beristri dua," tutur Nurminah.

Sementara itu, Rizal dan kedua istrinya, Mariani dan Fitriani, enggan berkomentar terkait kisah asmara segitiga itu.

Sedangkan foto yang beredar menunjukkan pesta pernikahan Rizal dengan istri keduanya pada 10 Oktober. Istri pertama juga turut duduk di kursi pelaminan. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww