Home > Berita > Umum

Kacang Pukul, si Manis Khas Bagansiapiapi Rohil

Kacang Pukul, si Manis Khas Bagansiapiapi Rohil

kacang pukul khas Bagansiapiapi/GenPI.co

Minggu, 27 September 2020 11:43 WIB
Anggi Dwi Safitri

BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com — Setiap daerah pastinya mempunyai makanan yang dijadikan ciri khas bagi daerah tersebut. Begitu juga Kota Bagansiapiapi, yang menjadi Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau, salah satu makanan khasnya adalah kacang pukul.

Kacang manis bertekstur kering dan lembut ini merupakan makanan khas masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi secara turun-menurun. Proses pembuatannya menggunakan beberapa bahan di antaranya, kacang tanah yang dicampur gula dan sedikit garam kemudian ditumbuk. Bantuk dan rasanya hampir mirip dengan makanan khas Jawa Tengah yaitu ting-ting.

Sekarang makanan ini jadi salah satu oleh-oleh khas yang tak pernah absen dibawa oleh wisatawan saat mengunjungi Bagansiapiapi.

”Ini salah satu oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan, saat kita mengunjungi Bagansiapiapi," kata Dewi salah satu pengunjung Kota Bagansiapiapi saat dihubungi melalui telepon oleh potretnews.com, baru-baru ini.

Kacang pukul sangat mudah dijumpai di Bagansiapiapi, sebab hampir semua toko makanan yang ada di sana menjual kacang pukul.

”Di sini mudah sekali untuk mencari kacang pukul ini, karena setiap toko makanan pasti punya makanan ini, dan jarak setiap toko biasanya juga tidak terlalu jauh, jadi lebih mudah untuk mendapatkannya," kata dia.

Selain kacang pukul, ada juga sensasi kuliner Rokan Hilir lainya, seperti rendang kerang, sarak terung, sup ikan kepala batu, asam pedas keladi dan sambal belacan. Lalu ada emping padi, misua rebus, anyang pangkek, sambal belacan, anyang pucuk babueh, dan minuman khas seperti jus buah nipah, air serbat, mentimun terong dan kolding.

”Tidak hanya kacang pukul yang menjadi makanan khasnya Bagansiapiapi, ada banyak lagi makanan-makanan lain yang juga sangat lezat, dan menjadikan para pengunjung selalu ingat dengan kota ini,” ujarnya. *1

Kategori : Umum
wwwwww