PotretNews.com Selasa 20 Oktober 2020

157 Perempuan Ikut Bertarung di Pilkada 2020, dari Riau Ada 8 Orang

157 Perempuan Ikut Bertarung di Pilkada 2020, dari Riau Ada 8 Orang

Ilustrasi/INTERNET

Senin, 21 September 2020 12:27 WIB
Akham Sophian

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang secara serentak digelar 270 di Kabupaten/Kota, diikuti oleh 157 calon kepala daerah (cakada) perempuan.

Begitu yang disampaikan oleh Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi Indonesia) Jeirry Sumampow dalam webinar bertajuk ”Perempuan dalam Panggung Pilkada” Sabtu (19/9/2020). Total cakada perempuan sebanyak 157 atau 10,6 persen,” kata Jeirry.

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, Jeirry merinci, terdapat lima orang perempuan yang bertarung dalam pemilihan gubernur, sementara cakada laki-laki berjumlah 45 orang. Kemudian dalam pemilihan bupati, diikuti oleh 127 orang perempuan dan 1.107 laki-laki. Di tingkat pemilihan wali kota, jumlah perempuan yang bertarung sebanyak 25 orang sementara laki-laki sebanyak 177.

Sementara itu, Dosen Teologi dari Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) Kemerlin Ondang yang juga menjadi pembicara webinar itu mengatakan, indeks partisipasi perempuan tertinggi dalam pagelaran pilkada terdapat di Kota Tomohon sebesar 40 persen, sementara terendah di Provinsi Bangka Belitung sebesar 30 persen. Etnis Minahasa itu paling tinggi, dari indeks pemberdayaan gender,” tandas dia.

Dari data keterwakilan perempuan di DPR RI sebesar 16 persen. 33 persen pada tingkat DPRD Provinsi dan 26 persen pada DPRD Kabupaten/Kota.Di eksekutif, data tahun 2017, eselon 2 sebesar 31 persen, eselon 3 sebesar 36 persen dan eselon 4 sebesar 29 persen,” ujar Kemerlin.

Sementara itu di Riau, sebanyak 8 perempuan mendaftar ikut pesta demokrasi di kabupaten dan kota dengan rincian; 3 orang sebagai bakal calon bupati, 4 orang mengincar posisi wakil bupati, dan seorang bersiap-siap merebut kursi wakil wali kota.

Adapun mereka yang mendaftar sebagai calon bupati yaitu; Siti Aisyah dan Rezita Meylani (Indragiri Hulu), serta Kasmarni (Bengkalis). Sedangkan 5 nama lagi mengadu nasib untuk posisi wakil bupati/wakil wali kota.

Mereka adalah; Reni Nurita (Kabupaten Siak), Supriati (Kabupaten Indragiri Hulu), Komperensi (Kabupaten Kuantan Singingi), Sri Barat atau Iyeth Bustami (Kabupaten Bengkalis), dan Syarifah (Kota Dumai). ***

Kategori : Politik, Riau
wwwwww