PotretNews.com Minggu 20 September 2020

Oknum Karyawan Bank BRI Gelapkan Uang Nasabah Rp 377 Juta, Diduga Dipakai untuk Keperluan Pribadi

Oknum Karyawan Bank BRI Gelapkan Uang Nasabah Rp 377 Juta, Diduga Dipakai untuk Keperluan Pribadi

Gambar hanya ilustrasi, tidak terkait dengan berita/MEDCOM.id

Minggu, 06 September 2020 08:45 WIB

SIDRAP, POTRETNEWS.com — Nasabah sebaiknya tidak membiasakan menitipkan uang setoran atau pembayaran kepada karyawan bank, jika tak ingin mengalami nasib seperti warga di suatu daerah.

Ferdynan Toda (33), warga Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), diciduk polisi atas dugaan tindak pidana menggelapkan uang nasabah. Kasus ini dilaporkan kepala kantor bank BUMN di salah satu cabang di Sulsel.

”Dalam hal ini pelaku dilaporkan oleh atasannya sendiri, setelah menggelapkan uang dari nasabah," kata Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Benny Pornika, Kamis (3/9/2020).

Benny mengatakan, berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya mulai mengumpulkan uang nasabah sejak Januari-Maret 2020. Diduga uang nasabah yang digelapkan mencapai Rp 377.175.576.

Pelaku Ferdynan diamankan siang tadi. Diduga uang ratusan juta rupiah milik nasabah itu dipakai untuk keperluan pribadi.

”Pelaku pada saat menjabat selaku karyawan BRI unit Otting telah menerima pembayaran pelunasan kredit sebanyak 42 orang nasabah/debitur Bank BRI unit Otting. Namun yang bersangkutan hanya memberi uang yang diterima dari 22 nasabah saja, sisanya digunakan untuk keperluan pribadinya," terangnya, melansir detik.com.

Dia mengatakan pihak bank awalnya melakukan pendekatan kepada pelaku untuk mengembalikan uang yang diambilnya. Namun upaya tersebut menemui jalan buntu. ”Namun hingga bulan Agustus, pelaku tidak juga memenuhi sangkutannya, beberapa kali dimediasi namun gagal dan akhirnya dilaporkan," tuturnya. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Hukrim
wwwwww