Mahasiswa Umri Berbagi Ilmu dengan Masyarakat Tangkerang Barat Pekanbaru Cara Budi Daya Toga, Hidroponik, dan Lele

Senin, 31 Agustus 2020 22:39 WIB
Muhamad Maulana
mahasiswa-umri-berbagi-ilmu-dengan-masyarakat-tangkerang-barat-pekanbaru-cara-budi-daya-togaMahassiwa Kelompok 1 KKN Umri foto bersama dosen pembimbing dan Lurah Tangkerang Barat Edi Wardila.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan pengabdian di masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu kegiatannya yaitu program budi daya yang dilakukan oleh Kelompok 1 KKN Umri.   

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 10-24 Agustus 2020 tepatnya di Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyandamai, Pekanbaru, Riau.

Adapun subtema KKN yang diambil oleh kelompok 1 adalah ketahanan keluarga.  Pada subtema ini, mahasiswa KKN melakukan kegiatan yang mengarah pada ketahanan keluarga, seperti kegiatan budidaya tanaman obat keluarga (toga), hidroponik dan pembibitan lele.Dengan harapan kegiatan budidaya tersebut akan berdampak dalam jangka panjang bagi masyarakat.

Dosen Pembimbing Lapangan Desy Mairitaw mengatakan, kegiatan itu diambil karena ada keterkaitan antara ilmu yang telah mereka dapat di bangku perkuliahan dengan keadaan masyarakat desa tempat mereka melakukan KKN. Itu sebabnya mahasiswa memberikan sosialisasi mengenai ketahanan keluarga.

“Budi daya toga, hidroponik dan pembibitan lele ini perlu diterapkan ya pada masyarakat setempat. Mengingat kondisi perekonomian yang saat ini turun, ketahanan keluarga itu perlu dibangun dengan hal yang menghasilkan,” ucap Desy Mairitaw.

Tak hanya itu, mahasiswa Kelompok 1 KKN Umri juga melakukan sosialisasi dengan memberikan dukungan moril kepada masyarakat terkait ketahanan keluarga. Hal itu diharapkan mampu membentuk semangat baru bagi masyarakat setempat agar lebih inovatif saat masa pandemi ini.

Bentuk dukungan moril yang dilakukan Kelompok 1 KKN Umri, di antaranya dengan memberikan saran terhadap strategi pengelolaan hasil budi daya toga, hidroponik, dan pembibitan lele. Selain itu, mereka juga memberikan kiat-kiat khusus terkait pengembangan budidaya tersebut, baik ketika awal proses hingga teknik pemasarannya.

Lurah Tangkerang Barat Edi Wardila berharap, kegiatan tersebut bisa membangun masyarakat di keluarahnnya untuk lebih maju. Dengan harapan juga ke depannya, kegiatan seperti ini akan dilakukan secara terus-menerus. "semoga saja kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara terus-menerus,” pungkasnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww