Mesjid Al-Fatah Unilak Potong 7 Ekor Hewan Kurban

Mesjid Al-Fatah Unilak Potong 7 Ekor Hewan Kurban

Suasana penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Al-Fatah Kampus Unilak, Sabtu (1/8/2020)/ISTIMEWA

Sabtu, 01 Agustus 2020 11:20 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Keluarga besar Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Provinsi Riau mengurbankan 3 ekor sapid an 4 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1441 H. Penyembelian hewan kurban dilakukan pada Sabtu (1/07/2020).

Pelaksanaan penyembelihan dilakukan di halaman Masjid Al-Fatah Kampus Unilak. Sejak pukul 7.30 WIB, peserta dan petugas kurban telah berkumpul dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan.

Peserta kurban berasal dari dosen dan karyawan di Unilak. Di antaranya Rektor Unilak Dr Junaidi, Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi, Dr Bambang Supeno, Kurniawan MPd, Dra Essy Syam, Dr. Evizariza, Bayu Febriandi, M.Kom, Nur Aisyah, dan Ir Lafiva Siswat MP.

Kemudian, Dr Yeni, Triana MH, Noprianti, Suharni, Dr Aliar Syam, Dr Bambang Suroto, Dr Hadiati, Ryan Pahlawan, A Kholid, Evi Yandi, Nyami, Faris Abdul, Susi Handayani, Dr Fatkhurahman, dan Ikatan Dosen Unilak.

Pelaksanaan proses pemotongan sapi dan kambing berjalan lancar tanpa hambatan, di tahun ini pelaksanaan pemotongan perdana menggunakan kandang. Hewan kurban kemudian digiring ke dalam kandang dan kemudian direbahkan. Kandang potong ini lebih memudahkan dan lebih aman, serta prosesenya cepat.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat memberikan sambutan mengatakan, pihaknya bersyukur Masjid Al-Fatah Unilak tahun ini menyelenggarakan kurban dan menyampaikan apresiasi kepada panitia dan telah mengelola kegiatan ini.

”Kita berharap kegiatan ini tiap tahun berlangsung semoga tahun ini memberikan keberkahan kepada kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta kurban, Dr Evizariza saat ditemui menyebutkan bersyukur dapat ikut berkurban. Menurutnya perjuangan Nabi Ibrahim dan Ismail mengajarkan kita ke iklasan dan mematuhi perintah Allah.

Dengan berkurban ikut berbagi kepada saudara saudara yang membutuhkan dan merasakan daging kurban di saat pandemi Covid-19. Sementara itu Ketua Pelaksana, M. Algusyamsur, menyebutkan di tahun ini sebanyak 210 kupon diberikan kepada peserta kurban, karyawan kontrak Unilak, petugas keamanan, pegawai, panti asuhan, dan masyarakat sekitar kampus.

Dijelaskan Algu, di tahun ini pengurus mesjid perdana menggunakan kandang potong. Kandang potong ini lebih aman, cepat, pisau untuk menyembelih disiapkan khusus.

”Alat kandang potong baru digunakan tahun ini, ini lebih mudah, dan lebih aman, dan menggunakan golok khusus yang hanya sekali sembelih,”sebutnya.

Dijelaskan Algu, harapannya dalam kondisi Covid-19 ini daging kurban yang diberikan dapat mengurangi beban warga dalam pemenuhan pangan di masa pandemic.

”Semoga tahun depan dosen dan karyawan yang berniat kurban dilimpahkan rezekinya, dan tiap-tiap fakultas turut serta berkurban,” pungkasnya sembari mengatakan pelaksanaan pemotongan kurban menerapkan protokol kesehatan, suhu tubuh seluruh petugas diperiksa dan wajib menggunakan masker. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww