PotretNews.com Rabu 12 Agustus 2020
Home >  Berita >  Umum

Alami Kebangkrutan, 64 Perusahaan di Pekanbaru Rumahkan Karyawan

Alami Kebangkrutan, 64 Perusahaan di Pekanbaru Rumahkan Karyawan

Ilustrasi/INTERNET

Selasa, 14 Juli 2020 13:06 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pandemi virus corona atau Covid-19 telah membuat ekonomi banyak negara terkapar, termasuk Indonesia. Di Pekanbaru, Riau sebanyak 64 perusahaan telah merumahkan karyawan karena usaha mereka banyak mengalami kerugian.

”Karena banyak usaha yang mengalami kerugian perusahaan juga tercatat telah memutus hubungan kerja sebanyak 109 pekerja akibat pandemi Covid-19," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru Abdul Jamal, dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa (14/7/2020), seperti dilansir antaranews.com.

Menurut dia, pekerja yang di PHK periode Maret hingga Juli 2020 itu lebih akibat perusahaan mengalami kebankrutan dan tutup serta pemerintah menerapkan pembebasan berskala besar. Ia mengatakan dampak pandemi Covid-19, masyarakat takut ke luar rumah dan dampaknya telah dirasakan bersama, selain penyakit yang mempengaruhi kesehatan, juga ekonomi.

Dalam kasus ini, ketika semakin banyak pekerja yang terinfeksi maka semakin banyak pula biaya untuk perawatan dan juga biaya produksi yang tertanggung.

”Bahkan ada satu unit perusahaan yang harus tutup dalam masa pandemi Covid-19 akibat tidak sanggup membiayai operasional perusahaan," katanya. Jamal menyebutkan perusahaan yang terkena imbas dari pandemi Covis-19 ini ada dari berbagai sektor dan beragam seperti hotel, kuliner, cafe serta perusahaan lainnya.

”Yang banyak terkena dampak itu karyawan hotel. Ada juga karyawan dari usaha lain seperti rumah makan atau kafe dan lainnya,” pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum, Pekanbaru
Loading...
www www