PotretNews.com Minggu 20 September 2020

Pandemi Corona Bikin Puncak HUT ke-236 Kota Pekanbaru Digelar tanpa Pesta Rakyat

Senin, 15 Juni 2020 13:42 WIB
Muhamad Maulana
pandemi-corona-bikin-puncak-hut-ke236-kota-pekanbaru-digelar-tanpa-pesta-rakyatketua Panitia HUT ke-236 Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution/ISTIMEWA

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat banyak aganda pemerintah daerah harus dirancang ulang. Termasuk di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Pemerintah kota (pemkot) ini, misalnya, sudah memastikan tidak akan mengggelar pesta rakyat di malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-236 Pekanbaru pada 23 Juni mendatang.

”Untuk pesta rakyat, tahun ini kita tiadakan," ungkap Ketua Panitia Hari Jadi ke-236Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (12/6/2020).

Peniadaan pesta rakyat di malam puncak hari jadi, kata dia, mengingat Kota Pekanbaru saat ini masih berada dalam pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. ”Jadi kegiatan yang dapat mengumpulkan banyak orang, kita tiadakan,” ujarnya.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus/ISTIMEWAhttps://www.potretnews.com/assets/imgbank/08092020/potretnewscom_jfus6_1951.jpg

Untuk mengantisipasi sebaran virus corona, imbuh Indra Pomi, peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru pada tahun ini hanya akan diperingati secara sederhana.

”Kita peringati secara sederhana dan singkat, hanya syukuran saja di kompleks perkantoran wali kota di Tenayanraya. Siangnya kira-kira jam 2 (14.00 WIB, red) dilanjutkan dengan sidang paripurna. Selesai paripurna, maka selesai seluruh rangkaian peringatan hari jadi,” ujar Indra Pomi yang juga Kadis PUPR Kota Pekanbaru.

Deretan Prestasi Kado Hari Jadi ke-236 Kota Pekanbaru
Sejumlah prestasi ditorehkan Kota Pekanbaru sebagai kado Hari Jadi ke-236. Beberapa di antaranya yaitu; daerah ini meraih juara I Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru untuk Sektor Hotel.

Kemudian, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota juga memperoleh anugerah terbaik 1 pada Video Pelaksanaan Prilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif Aman Covid-19 Sektor Hotel. Proses penyerahan penghargaan berlangsung di Kementerian Dalam Negeri, Senin (22/6/2020).

Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, menyaksikan proses penyerahan penghargaan lewat video streaming. Wali Kota menyebut, penghargaan ini adalah kado pada momen HUT Pekanbaru. Ia menilai apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri adalah bentuk inovasi Kota Pekanbaru dalam menuju tatanan normal baru.

”Penghargaan ini jadi kado istimewa pada momen HUT Pekanbaru tahun ini," paparnya, secara terpisah, belum lama ini.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/08092020/potretnewscom_8zmfj_1950.jpgSuasana syukuran HUT ke-235 Kota Pekanbaru, tahun lalu yang dipimpin Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi karena wali kota melakukan kunjungen kerja ke Ajerbaizan/ILUSTRASI/ISTIMEWA

Selain prestasi tadi, Pekanbaru menjadi satu dari tiga peraih inovasi untuk sektor hotel pada klaster kota. Firdaus menyebut ada tujuh kategori dalam lomba inovasi ini.

Wali Kota menilai capaian tersebut menjadi sebuah capaian di tengah upaya pemerintah dalam pemulihan Covid-19. Apalagi Pekanbaru menjadi satu role model penerapan tatanan hidup baru. Lalu, Pekanbaru juga berhasil mengendalikan kasus Covid-19 karena rasio penularan saat ini di bawah 0,4.

”Ini adalah capaian kita bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. *** 

       
        Loading...    
           
wwwwww