PotretNews.com Rabu 27 Mei 2020
Home >  Berita >  Kuansing

Pemerintah Desa Teberau Panjang Kuansing Salurkan BLT-DD ke 123 KK

Sabtu, 23 Mei 2020 18:11 WIB
Kasmalinda
pemerintah-desa-teberau-panjang-kuansing-salurkan-bltdd-ke-123-kk Sekretaris Kecamatan Gunung Toar, Abasri (baju putih) didaulat menyerahkan BLT-DD ke seorang warga lanjut usia/ISTIMEWA
TEBERAU PANJANG, POTRETNEWS.com — Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD), di Desa Teberau Panjang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah dilaksanakan di kantor kepala desa, Kamis (20/5/2020). Penyaluran langsung dipantau oleh Camat Gunung Toar yang diwakili Sekcam Abasri, Bhabinkamtibmas Yusmardion, dan ketua BPD beserta perangkatnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25052020/potretnewscom_wjv8k_1876.jpgBhabinkamtibmas Yusmardion didaulat menyerahkan BLT-DD ke seorang warga lanjut usia/ISTIMEWA

Kepala Desa Teberau Panjang, Hendry yang diwawancarai potretnews.com Sabtu (23/5/2020) mengatakan, BLT-DD ini hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Jangan sampai BLT yang disalurkan diperuntukan hal yang tidak penting. Sebab, di masa saat ini penggunaan uang harus mendahulukan kebutuhan mendasar dan perlu berhemat.

”Jangan konsumtif, belanjakan yang perlu-perlu saja. Mudahan BLT ini dapat membantu masyarakat kita yang menerimanya,” tuturnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25052020/potretnewscom_tyrvx_1877.jpgSekretaris Kecamatan Gunung Toar, Abasri (baju putih) menyalami penerima BLT-DD yang diserahkan Bhabinkamtibmas Yusmardion/ISTIMEWA

Dia mengingatkan agar warga tetap taat pada anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19. Pola hidup sehat dan tidak keluar rumah kecuali ada persoalan penting harus dilakukan. Disampaikan juga oleh Hendry, ada sebanyak 123 kepala keluarga (KK) yang menerima BLT-DD setempat. Dan penyaluran ini merupakan penyerahan tahap I.

Menurut dia, dana yang dibagikan kepada masyarakat terkena dampak Covid-19, bersumber dari anggaran dana desa dan akan digulirkan selama tiga bulan berturut-turut dengan jumlah Rp600 ribu per bulan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25052020/potretnewscom_kwegg_1878.jpgSekretaris Kecamatan Gunung Toar, Abasri (baju putih) menyalami penerima BLT-DD/ISTIMEWA

Pendistribusian BLT-DD Teberau Panjang sebagian dilaksanakan di kantor desa setempat, sedangkan bagi penerima dengan kondisi yang tidak sehat dan jompo maka kepala desa bersama tim mengantar langsung ke rumah mereka. 

Untuk diketahui, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengizinkan dana desa digunakan sebagai bantuan langsung tunai.

Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

”Isi dari Permendes ini adalah, pertama bahwa dana desa itu bisa digunakan untuk bantuan dana desa atau BLT dana desa atau bantuan sosial tunai dana desa, istilahnya macam-macam tetapi intinya untuk bantuan langsung tunai dana desa," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi video, Selasa (14/4/2020) lalu, seperti dilansir kontan.co.id.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25052020/potretnewscom_squ7l_1879.jpgSuasana penyerahan BLT-DD di Desa Teberau Panjang/ISTIMEWA

Meski begitu dalam aturan ini pun disebutkan masyarakat yang berhak mendapatkan BLT-Dana Desa ini adalah keluarga miskin di desa, yakni yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.
”Jadi semangat penggunaan dana desa untuk BLT ini adalah jangan sampai ada warga masyarakat yang terdampak Covid-19, secara ekonomi tidak tersentuh oleh kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah desa,” pungkas Abdul. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Kuansing, Umum
Loading...
www www