PotretNews.com Selasa 02 Juni 2020
Home >  Berita >  Rohil

Saat Pemkab Rokan Hilir Hadir di Tengah Masyarakat lewat Infrastruktur yang Layak dan Merata

Selasa, 21 April 2020 11:28 WIB
Advertorial
saat-pemkab-rokan-hilir-hadir-di-tengah-masyarakat-lewat-infrastruktur-yang-layak-dan-merata Bupati Rokan Hilir Suyatno berpidato dalam sebuah acara. (INTERNET)

BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com — Sejak memimpin Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada 24 Maret 2014, Bupati Suyatno telah berkomitmen untuk menghadirkan pelbagai program pembangunan yang layak untuk masyarakat.

Adapun sektor yang menjadi prioritasnya adalah infrastruktur, kesehatan, pendidikan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Secara bertahap, satu demi satu, program tersebut berhasil direalisasikan. Tentu saja berkat kerja sama dengan lembaga legislatif, dalam hal ini DPRD. Satu tujuan yang ingin dicapai yakni memenuhi seluruh kebutuhan mendasar yang menyentuh masyarakat.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22042020/potretnewscom_jbmgq_1820.jpgBupati Rokan Hilir Suyatno (kiri) meninjau salah satu proyek peningkatan jalan/INTERNET 

Satu di antara sekian banyak program yang telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir adalah pembangunan Infrastruktur. Melalui perangkatnya pemkab gesit menggenjot pembangunan sektor ini, mulai dari level desa, kecamatan hingga ke tingkat kabupaten.

Seperti tanpa jeda, pembangunan infrastruktur berupa jalan di Kabupaten Rokan Hilir terus digencarkan. Bahkan setiap tahunnya Pemkab Rokan Hilir mendapatkan porsi lebih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Tahun 2019, misalnya, Pemkab Rohil mendapatkan porsi senilai Rp68 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan lintas pesisir.

Dalam sebuah kesempatan akhir tahun lalu, Bupati Rokan Hilir H Suyatno mengungkapkan, bahwa jalan lintas pesisir bakal menembus ke wilayah Sumatera Utara, di Labuhanbatu Selatan (Labusel). Jika proyek itu selesai, masa masyarakat setempat khususnya warga Panipahan Kecamatan Pasirlimaukapas (Palika) bisa melintas di jalan lintas pesisir karena jarak tempuh yang lebih dekat.

”Saat ini jalan lintas pesisir menjadi skala prioritas kita (Pemkab Rohil). Selain infrastruktur jalan, masalah air bersih juga perlu dipikirkan. Untuk itu kita berharap setiap tahunnya dapat dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) Provinsi Riau,” ucap Suyatno.

Tidak hanya fokus membangun jalan lintas pesisir, pembangunan Jalan Lintas Bagansiapiapi-Ujungtanjung, juga menjadi perhatian pemkab dan kini sudah terlihat bagus. Dulu, kondisi jalan lintas ini begitu memprihatinkan dahulunya sehingga menjadi catatan khusus bagi pemerintah daerah.

Setelah kondisi di lapangan disampaikan pemerintah pusat, akhirnya mengucur dana sebesar Rp 85 miliar untuk membangun jalan-jalan rusak yang ada di Ujungtanjung dan Bagansiapiapi.

”Jalan itu merupakan ruas jalan nasional dan merupakan tanggung jawab pusat. Kalau jalan itu merupakan jalan provinsi maupun kabupaten tentu selama ini secara bertahap sudah kita perbaiki,” ucap Suyatno.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22042020/potretnewscom_4bv3y_1821.jpgSalah satu proyek yang selesai dikerjakan di Kabupaten Rokan Hilir/INTERNET.

Dia membeberkan, selain pembangunan proyek jalan Ujungtanjung-Bagansiapiapi, Rohil juga mendapat kucuran dana sebesar Rp 300 miliar untuk membangun dan memperbaiki jalan lintas Riau-Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Suyatno selama ini banyak masyarakat yang berasumsi lain dan beranggapan pemerintah daerah tidak memperhatikan kondisi jalan yang begitu memprihatinkan

Pada bagian lain Bupati Suyatno mengungkapan, pembangunan infrastruktur di Rokan Hilir khususnya jalan lintas pesisir Sumatera, dari Sinaboi, Rohil, menuju Kota Dumai, sedang dalam pengerjaan. Pengerjaan jalan tersebut dilaksanakan dari Sungaisembilan, Kota Dumai, menuju perbatasan Rohil di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi.

”Pembangunan jalan lintas pesisir dimulai dari Kota Dumai. Biaya pembangunan jalan lintas pesisir dari Sungaisembilan itu sebesar Rp9 miliar, dan saat ini sedang dalam pengerjaan,” tuturnya.

Dengan rasa gembira Suyatno menyebut pada 2020 ditargetkan jalan dari Dumai-Sinaboi tembus, terutama di Kelurahan Purnama Dumai. Jika Jalan Sinaboi-Dumai tembus, maka perjalanan dari Bagansiapiapi ke Dumai bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jami. Sementara kalau dari Dumai-Pekanbaru biasa 7 jam, jika lewat Dumai bisa 3 jam, sampai ke Kandis, terus ke Pekanbaru,” ucapnya menguraikan.

Secara khusus, Suyatno atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan hilir berharap dukungan dan kerja sama seluruh masyarakat agar program pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah bisa terealisasi dengan baik. 

Dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga aset-aset yang telah dibangun oleh pemerintah agar fungsi serta kegunaannya dapat dirasakan dalam waktu yang cukup lama. Karena menurut Suyatno, lewat pembangunan infrastruktur inilah salah satu wujud nyata pemkab hadir di tengah masyarakat. (adv/diskominfotiks rokan hilir)

       
        Loading...    
           
Kategori : Rohil, Pemerintahan
Loading...
www www