Jaga Daerahnya dari Penyebaran Wabah Corona, Pemkab Kuansing Dirikan Posko Terpadu di Perbatasan dari Arah Sumbar

Jaga Daerahnya dari Penyebaran Wabah Corona, Pemkab Kuansing Dirikan Posko Terpadu di Perbatasan dari Arah Sumbar

Bupati Kuansing H Mursini (pakai batik) dan unsur TNI-Polri meninjau daerah perbatasan.

Minggu, 05 April 2020 19:53 WIB
Kasmalinda

KUANTANMUDIK, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 akan mendirikan posko terpadu guna mencegah penyebaran virus Corona di perbatasan Sumbar-Kuansing tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Ahad (5/4/2020).

Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bergerak meninjau lokasi rencana pendirian posko terpadu tersebut.

Mursini menjelaskan bahwa pendirian posko terpadu ini melibatkan tujuh instansi yaitu BPBD, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan PMI.

”Posko terpadu ini difungsikan untuk pengawasan terhadap masyarakat yang masuk ke Kabupaten Kuantan Singingi setelah melakukan perjalanan dari luar daerah. Terlebih lagi yang baru datang dari luar negeri akan dipantau selama 24 jam. Posko ini akan melakukan pengawasan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat termometer digital oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan petugas posko dibekali dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap dan satu ambulans,” ujarnya.

Dia pun mengingatkan jika memang ada warga yang terdeteksi suhu tubuhnya di atas 38 C akan dibawa ke puskesmas terdekat yaitu Puskesmas Lubukjambi. Mursini mengharapkan peran aktif seluruh instansi dan lapisan masyarakat dalam penanganan pencegahan Corona.

”Kita berharap dengan adanya posko ini dapat mencegah penularan Covid-19 melalui pemudik dan para sanak kita yang pulang kampung, agar para pendatang untuk bersedia mengisolasi diri secara mandiri," tandasnya.

Turut dalam peninjauan lokasi pendirian posko tersebut yakni; Kadishub Kuansing Asmari SSos, Camat Kuantan Mudik Sada Risnah MSi, Kepala Puskesmas Lubukjambi, Polsek Kuantan Mudik, danramil, dan Kepala Desa Kasang. ***

wwwwww