Khawatir Virus Corona Menyebar Luas, Warga RT 04 Rimbasekampung Bengkalis Semprot Disinfektan Mandiri

Khawatir Virus Corona Menyebar Luas, Warga RT 04 Rimbasekampung Bengkalis Semprot Disinfektan Mandiri

Warga RT 04 Kelurahan Rimbasekampung, Kecamatan Bengkalis semprot lingkungan cegah Covid-19, Ahad (29/3/2020).

Minggu, 29 Maret 2020 19:20 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Guna mencegah penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19, warga RT 04/RW 01 bersama jamaah Musala Al Azhar, Kelurahan Rimbasekampung, Kecamatan Bengkalis, Ahad (29/3/2020) melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Kegiatan yang dipimpin langsung Ketua RT 04 Jaafar dan Ketua Pengurus Musala, Virnanda Verisai itu menyasar sejumlah rumah penduduk, Musala Al Azhar dan Gereja HKBP di Jalan Cokroaminoto Bengkalis termasuk asrama koramil.

”Upaya warga dan jamaah yang berada di RT 04/RW 01 Kelurahan Rimbasekampung guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Penyemprotan kita lakukan di beberapa titik. Insya Allah, kita lakukan juga untuk memotivasi kawan-kawan RT yang ada lainnya,” kata Jaafar.

Dia menyebut, penyemprotan sebagai tindak lanjut dari anjuran pemerintah. Apalagi setelah mendengarkan isi ceramah ustaz dalam rangka Peringatan Isr Mikraj pada Rabu (25/3/2020) kemarin serta imbauan dari pemerintah kabupaten.

”Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk memutuskan mata rantai wabah Corona ini,” ujar Jaafar yang diamini Kimon Sapan.

Sementara itu, Khairul Saleh salah satu Pengurus Musala Al Azhar mengatakan pencegahan terhadap wabah virus Corona harus dilakukan bersama dan tidak dibebankan kepada satu pihak saja. Karena itu pria yang akrab disapa Atah ini mengimbau masyarakat tidak panik. Tetap mengikuti mbauan yang dikeluarkan pemerintah untuk keselamatan diri dan orang banyak.

”Apa yang dilakukan masyarakat dan jamaah musala sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus yang sudah menjadi pandemi ini. Mudah-mudahan kita berhasil memutuskan penyebaran virus Corona,” ungkap Sekretaris Eksekutif Bahtera Melayu itu.

Intinya, kata Khairul Saleh, masyarakat tidak boleh panik, yang terpenting jaga jarak atau social distanting. Kemudian beraktivitas tetapi mengikuti imbauan pemerintah, dan hindari kerumunan orang ramai.

Tokoh masyarakat Rimbasekampung H Mahmud, mengapresiasi aksi penyemprotan disinfektan dilakukan Pengurus Musala Al Azhar dan warga RT 04. ”Kami memberikan apresiasi yang besar kepada RT dan pengurus musala. Kita harap ini juga dilakukan juga oleh RW dan RT yang berada di Kelurahan Rimbasekampung khususnya dan RW RT yang ada di desa-desa yang berada di Kabupaten Bengkalis ini,” ujar Mahmud di sela-sela penyemprotan.

Dia berharap seluruh warga di kelurahan ini tetap menjaga kebersihan demi kesehatan yang lebih baik. ”Yakinlah, setiap perbuatan baik pasti dibalas dengan kebaikan. Masyarakat jangan terlalu cemas, tetap waspada dan siaga,” pungkasnya. ***

wwwwww